K-LITA, Produk Asuransi Jiwa Kresna yang Dibekukan OJK

CNN Indonesia | Jumat, 14/08/2020 13:44 WIB
OJK mengenakan sanksi pembatasan kegiatan usaha bagi Asuransi Jiwa Kresna karena produk K-LITA melanggar aturan main. OJK mengenakan sanksi pembatasan kegiatan usaha bagi Asuransi Jiwa Kresna karena produk K-LITA melanggar aturan main. (Diolah dari iStockphoto/scyther5).
Jakarta, CNN Indonesia --

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan sanksi pembatasan kegiatan usaha (PKU) kepada PT Asuransi Jiwa Kresna. Sanksi diberikan karena perusahaan melanggar ketentuan mengenai pelaksanaan rekomendasi atas hasil pemeriksaan sebelumnya.

Pelanggaran yang dilakukan oleh Asuransi Jiwa Kresna khususnya terjadi pada produk K-LITA. Lantas, sebenarnya apa saja yang ditawarkan perusahaan lewat produk K-LITA?

Mengutip laman resmi kresnalife.com, Jumat (14/8), K-LITA adalah produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau disebut juga unitlink. Pemegang polis akan ditawarkan keuntungan dari investasi tersebut.


Nantinya, keuntungan (imbal hasil) yang dihitung harian akan dibayarkan pada saat jatuh tempo masa target investasi.

Saat jatuh tempo, nasabah akan diberikan beberapa pilihan, seperti memperpanjang (roll over) premi dan menarik target investasinya dan menarik keseluruhan atas nilai polisnya.

Itu baru dari sisi investasi. Kalau dari manfaat asuransinya, perusahaan menyatakan akan membayarkan uang pertanggungan (UP) sebesar 125 persen dari premi dan ditambah dengan nilai polis jika tertanggung meninggal dunia, baik karena sakit atau kecelakaan.

Untuk memiliki produk K-LITA, nasabah harus membayar premi minimal sebesar Rp50 juta. Dana itu terdiri dari premi murni sebesar Rp20 juta dan sisanya disebut sebagai top up premium.

Jika nasabah menarik premi selama periode target investasi, maka akan dikenakan penalti premi sebesar 10 persen.

Sementara, usia masuk tertanggung adalah 17 tahun hingga 65 tahun. Jika tertanggung berbeda dengan pemegang polis, maka pemegang polis harus memiliki kepentingan yang dapat diasuransikan pada tertanggung.

Manajemen akan menanggung tertanggung hingga usia 100 tahun. Artinya, jika tertanggung meninggal pada usia 99 tahun, maka Asuransi Jiwa Kresna akan tetap membayarkan uang pertanggungan.

Untuk membeli produk K-LITA, tertanggung harus sehat secara jasmani dan rohani. Tertanggung juga tidak boleh sedang menjalani rawat inap atau rawat jalan, serta tidak menderita penyakit akut atau kronis.

[Gambas:Video CNN]



(aud/bir)