Asing Banyak Kabur, Kemenkeu Batalkan Lelang Debt Switch

CNN Indonesia | Kamis, 17/09/2020 06:10 WIB
Kementerian Keuangan membatalkan lelang Surat Utang Negara dengan cara debt switch karena dana asing banyak yang kabur. Kemenkeu membatalkan rencana lelang SUN dengan cara debt switch yang rencananya dilakukan Kamis (16/9) besok karena dana asing banyak kabur. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI).
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko (DJPPR) Kementerian Keuangan membatalkan lelang pembelian kembali Surat Utang Negara (SUN) dengan cara penukaran (debt switch) Kamis (17/9) besok.

Sebelumnya jadwal lelang tersebut disampaikan melalui situs Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (https://www.djppr.kemenkeu.go.id/page/load/842).

Dalam keterangan resminya, DJPPR menyampaikan pembatalan disebabkan pertimbangan kondisi pasar keuangan terkini termasuk pasar SBN.


"Kami sampaikan bahwa lelang pembelian kembali surat utang negara dengan cara penukaran (Debt Switch) yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 17 September 2020 ditunda sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut," ujar surat tersebut, dikutip CNNIndonesia.com Rabu (16/9).

Ini merupakan kedua kalinya DJPPR membatalkan lelang pembelian kembali SUN dengan skema debt switch. Sebelumnya hal serupa juga terjadi pada 21 Maret.

Pertimbangkan pembatalan juga serupa; kondisi pasar keuangan termasuk pasar SBN.

Saat itu, kondisi pasar surat utang sedang terkoreksi karena dana asing kabur dari pasar obligasi. Hal serupa juga terjadi pada saat ini, di mana kepemilikan asing di SBN memang cenderung menurun.

DJPPR mencatat pada Senin (14/9) kepemilikan asing di SBN mencapai Rp939,13 triliun. Angka tersebut turun Rp6,3 triliun dari posisi 10 hari sebelumnya yang mencapai Rp 945,4 triliun.

[Gambas:Video CNN]



(hrf/agt)