Progres Vaksin Corona Diprediksi Buat IHSG Hijau

CNN Indonesia | Senin, 28/09/2020 06:20 WIB
IHSG diperkirakan menguat pada perdagangan Senin (28/9). Penguatan tak lepas dari sentimen pasar terhadap progres vaksin corona. IHSG diperkirakan menguat pada perdagangan Senin (28/9). (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi melanjutkan penguatannya pada Senin (28/9). Pasar mengapresiasi kemajuan atas pengembangan vaksin covid-19 di dalam negeri.

Direktur Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksi IHSG tembus ke area 5.000 hari ini. Tepatnya, indeks akan berada dalam rentang support 4.889 dan resistance 5.002.

"Potensi pergerakan masih terlihat cukup kuat untuk melanjutkan kenaikan, hal ini ditunjang oleh sentimen dari kemajuan vaksin covid-19 serta kondisi perekonomian dalam negeri yang cukup stabil," ungkap William dari risetnya.


Diketahui, pengembangan vaksin di Indonesia dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Perusahaan tersebut adalah PT Kimia Farma (Persero) Tbk dan PT Kalbe Farma (Persero) Tbk.

Oleh karena itu, William merekomendasikan pelaku pasar melakukan transaksi beli saham Kimia Farma dan Kalbe Farma pada perdagangan hari ini. Kemudian, ia juga menyarankan pasar untuk mengonsumsi saham BUMN lain.

Beberapa perusahaan pelat merah yang dimaksud adalah PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero), dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Senada, Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper meramalkan IHSG masih betah di zona hijau. Namun, potensi penguatan indeks terbilang hanya sementara.

Menurut Dennies, pasar sebenarnya masih khawatir dengan perkembangan kasus penularan virus corona di dalam negeri. Jumlahnya bukan hanya naik, tapi juga menyentuh rekor setiap harinya.

"Pergerakan masih akan dibayangi kecemasan akan tingginya kasus covid-19 secara harian yang telah menembus 4 ribu kasus baru per hari," kata Dennies dalam risetnya.

Hari ini, Dennies menilai IHSG hari ini akan mengarah ke level 5.000. Ia memproyeksi IHSG bergerak dalam rentang support 4.813-4.879 dan resistance 4.980-5.015.

Dennies merekomendasikan sejumlah saham yang diproyeksi memberikan keuntungan hari ini. Beberapa saham tersebut, antara lain PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Sarana Menara Nusantara Tbk, dan Wijaya Karya.

[Gambas:Video CNN]

Sebagai informasi, IHSG pada akhir pekan lalu berhasil bangkit (rebound) ke area 4.945. Indeks naik cukup signifikan sebesar 103,03 poin atau 2,13 persen.

Saat itu, mayoritas saham atau sebanyak 302 saham menghijau. Sementara, 136 saham terkoreksi dan 134 saham bergerak stagnan.

(aud/sfr)