Menteri Edhy Bangun Museum Terumbu Karang Rp111 M di Bali

CNN Indonesia | Rabu, 07/10/2020 23:25 WIB
Menteri KKP Edhy Prabowo akan membangun musem terumbu karang seluas 50 ribu hektare di Bali. Proyek padat karya itu bernilai Rp111,2 miliar. Menteri KKP Edhy Prabowo akan membangun musem terumbu karang seluas 50 ribu hektare di Bali. Proyek padat karya itu bernilai Rp111,2 miliar. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bakal membangun museum terumbu karang seluas 50 ribu hektare di Bali melalui program padat karya senilai Rp111,2 miliar.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengungkapkan proyek Restorasi Terumbu Karang Indonesia Coral Reef Garden (ICRG) itu tak hanya ditujukan untuk kepentingan pariwisata, melainkan juga sebagai sarana edukasi, penelitian dan riset lainnya.

"Pembangunan ICRG tidak hanya berhenti di sini, tapi akan dibangun museum koral garden, yang diharapkan akan menambah kunjungan wisatawan," ujarnya dalam peluncuran program tersebut, Rabu (7/10).


Edhy berharap program ini akan menjadi daya ungkit pemulihan ekonomi nasional masyarakat pesisir. Anggaran cukup besar yang disiapkan untuk program tersebut, diperkirakan mampu menyerap 11 ribu tenaga kerja.

"(Padat karya) akan ada di lima lokasi, yaitu Nusadua, Sanur, Serangan, Pandawa, dan Buleleng. Dengan target penyerapan tenaga kerja 11 ribu orang," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Bali I Wayan Koster menyampaikan bahwa program padat karya yang sejalan dengan restorasi terumbu karang tersebut belum pernah terpikirkan sejak ia menjabat sebagai gubernur.

"Ini adalah satu potensi yang belum pernah terpikirkan, belum pernah dikelola secara benar dengan kebijakan yang memadai dan belum pernah juga di berdayakan untuk kepentingan kesejahteraan perekonomian masyarakat Bali," ungkapnya.

Karenanya, ia merasa bersyukur Bali dapat kesempatan merealisasikan program tersebut. Apalagi, dampak bagi masyarakat bakal besar dalam mendukung pemulihan ekonomi. Pemda Bali, ujar Koster, juga berkomitmen akan menjaga hasil dari restorasi terumbu karang ini.

"Apa yang telah diprogramkan ini tidak saja akan kami jalankan dalam konteks pemulihan ekonomi nasional, tapi secara berkelanjutan akan dijadikan sebagai program prioritas untuk dijalankan ke depan dalam rangka membangun meningkatkan kapasitas perekonomian masyarakat Bali," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(hrf/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK