UMKM Binaan BI Dapat Pembiayaan Rp4,71 Miliar

CNN Indonesia | Selasa, 13/10/2020 06:00 WIB
Bank Indonesia mengumumkan 18 UMKM binaan mendapat komitmen pembiayaan senilai Rp4,71 miliar dari 14 lembaga keuangan. Bank Indonesia mengumumkan 18 UMKM binaan mendapat komitmen pembiayaan senilai Rp4,71 miliar dari 14 lembaga keuangan.(CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Bank Indonesia (BI) mengumumkan 18 UMKM binaan mendapat komitmen pembiayaan senilai Rp4,71 miliar dari 14 lembaga keuangan dalam acara pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 seri II. Pameran dilangsungkan pada 7-9 Oktober 2020.

Direktur Eksekutif sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengatakan komitmen pembiayaan diberikan melalui one on one meeting business matching. Selain business matching, UMKM juga mendapat business coaching.

"Ini diselenggarakan guna meningkatkan kapasitas UMKM agar terhubung dengan ekosistem digital, ekspor, dan terkait perlindungan konsumen," ucap Onny dalam keterangan resmi, Senin (12/10).


Bank sentral nasional turut mencatat perolehan omzet para UMKM di pameran KKI mencapai Rp3,79 miliar. Secara total, omzet UMKM di pameran KKI seri I dan II mencapai Rp8,65 miliar.

"Omzet penjualan produk UMKM yang terdiri dari kain, kerajinan, makanan dan minuman," terangnya.

Total jumlah peserta dan partisipan pameran KKI seri II mencapai 816 orang. Pameran dengan tema Sinergi untuk UMKM Digital tersebut diikuti oleh 24.608 pengunjung secara virtual.

Sementara total pengunjung dari pameran KKI seri I dan seri II sebanyak 53.153 orang. Pameran KKI merupakan rangkaian event tahunan yang menampilkan produk-produk UMKM binaan BI.

Acara digelar dengan kerja sama dengan kementerian/lembaga terkait. Rencananya, BI akan menggelar pameran KKI Seri III pada November 2020. Katalog produk dapat dilihat di situs resmi KKI www.karyakreatifindonesia.co.id.

"Ke depan, BI akan selalu berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM agar dapat menjadi tulang punggung perekonomian daerah dan nasional, serta bersinergi dengan berbagai kementerian dan lembaga," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(uli/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK