Bos Pertamina Peringkat 16 Wanita Berpengaruh Versi Fortune

CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2020 06:50 WIB
Majalah Fortune menempatkan Dirut Pertamina Nicke Widyawati di urutan 16 wanita paling berpengaruh versi media Fortune. Posisi teratas ditempati Emma Walmsley. Majalah Fortune menempatkan bos Pertamina Nicke Widyawati menjadi wanita paling berpengaruh di dunia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Fortune menetapkan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menjadi salah satu wanita paling berpengaruh di dunia pada 2020 ini.

Dalam laporan yang bertajuk Most Powerful Women Internasional yang dikutip dari website mereka, Fortune menempatkan wanita yang mengelola perusahaan berpendapatan lebih dari US$54,6 miliar dan membawahi 32 ribu karyawan tersebut di peringkat ke-16.

Nicke berada di bawah posisi Jean Liu, Presiden Didi Chuxing. Itu merupakan perusahaan ride-hailing terbesar di China.


Wanita yang diangkat sebagai bos Pertamina sejak 2018 itu juga hampir sejajar pengaruhnya dengan Wakil Presiden dan Direktur Pelaksana Apple untuk China Raya Isabel Ge Mahe yang menduduki peringkat ke-11.

Dalam daftar itu, posisi teratas wanita paling berpengaruh di dunia ditempati oleh Emma Walmsley. Perempuan berkewarganegaraan Inggris merupakan CEO perusahaan farmasi yang berbasis di Inggris GlaxoSmithKline.

Sebagai informasi, Nicke Lahir di Tasikmalaya, 25 Desember 1967. Nicke mengawali karier di bidang perbankan, hingga kontraktor.

Sebelum berkarier di Pertamina, Nicke menjabat sebagai Direktur Pengadaan Strategis 1 PT PLN (Persero) sejak 2009 lalu.

[Gambas:Video CNN]

Lulusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Master di Hukum Bisnis di Padjadjaran Bandung ini, pernah menjadi Direktur Utama PT Mega Eltra, sebuah perusahaan kontraktor listrik di lingkungan holding PT Pupuk Sriwijaya.

Nicke juga pernah menjabat direktur bisnis di PT Rekayasa Industri (Rekind) dan Vice President Corporate Strategy Unit (CSU) di perusahaan yang sama hingga akhirnya bergabung di PLN pada tahun 2014.

Sebelum menjadi bos Pertamina, Nicke  merupakan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) BUMN minyak tersebut pada 27 November 2017. Pada 13 Februari 2018, tugas Nicke pun bertambah, yakni sekaligus mengemban jabatan Plt Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur.

Catatan Redaksi: Judul artikel ini telah diubah pada Kamis (22/10) dari sebelumnya berjudul "Bos Pertamina Peringkat 16 Wanita Paling Berpengaruh Sejagat".

(agt/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK