Gramedia Mal Taman Anggrek Tutup usai 15 Tahun Beroperasi

CNN Indonesia | Senin, 26/10/2020 08:06 WIB
Toko buku Gramedia di Mal Taman Anggrek tutup mulai 24 Oktober 2020 setelah sekitar 15 tahun beroperasi. Toko buku Gramedia di Mal Taman Anggrek tutup mulai Oktober 2020 setelah sekitar 15 tahun beroperasi. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Lalu Rahadian).
Jakarta, CNN Indonesia --

Manajemen toko buku Gramedia memutuskan untuk menutup gerai di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat. Alasannya, perusahaan tidak memperpanjang masa sewa di Mal Taman Anggrek yang selesai pada Oktober ini.

"Betul tutup. Memang beberapa tempat terutama di mal sewanya sudah habis, kemudian Gramedia tidak melanjutkan lagi sewanya," ujar Public Relations Manager PT Gramedia Asri Media, Rezza Patria Wibowo kepada CNNIndonesia.com, Senin (26/10).

Ia menambahkan pertimbangan perusahaan tidak memperpanjang masa sewa lantaran masih memiliki gerai di dekat kawasan tersebut, yakni di Mal Ciputra dan Mal Central Park. Dengan demikian, pelanggan masih bisa mengunjungi kedua tempat tersebut.


"Pertimbangannya mana yang duluan habis (masa sewa), kebetulan Mal Taman Anggrek yang duluan habis kontraknya. Kemudian di-review dengan sewa dan lain-lain, kami pikir akan lebih baik dengan mempertahankan (gerai) di CP dan Ciputra, karena itu satu jalan satu deret, jadi pertimbangannya itu sewanya bisa kami kurangi," tuturnya.

Selain itu, ia mengungkapkan perusahaan juga mempertimbangkan jumlah kunjungan (traffic). Ia menuturkan sejak kehadiran mal baru di sekitar Mal Taman Anggrek, jumlah kunjungan ke Gramedia di Taman Anggrek mulai berkurang lantaran pelanggan mulai tersebar ke pusat perbelanjaan lain.

"Selain sewa, jadi ketika traffic juga sudah mulai kurang pasti kami akan review. Kebetulan kalau misalnya traffic, mungkin juga ke toko terdekat yang lain, mungkin orang-orang ke sana, kesebar. Ketika buka di Mal CP ternyata pelanggannya bukan jadi plus dua, mungkin kalau nambah sedikit," ucapnya.

Selain itu, Gramedia juga membuka layanan penjualan secara daring (online) yang dapat menjadi pilihan konsumen untuk berbelanja di saat pandemi.

Kabar tutupnya Toko Buku Gramedia di Mal Taman Anggrek ini ramai diperbincangkan di media sosial, Twitter. Banyak pengguna yang menyayangkan penutupan tersebut. Rezza sendiri mengatakan Gramedia di Mal Taman Anggrek sudah berusia kurang lebih 15 tahun.

Salah satunya, pemilik akun @RyanMaulanaR. Ia juga menautkan foto jajaran rak buku kosong di Gramedia Taman Anggrek pada hari penutupan operasi, 24 Oktober 2020.

"Gramedia Mal Taman Anggrek, salah satu toko buku terbesar di Jakarta ditutup sejak hari ini (proses packing), akan diikuti segera penutupan beberapa toko lagi. #gramedia #ripgramedia @gramedia," tulisnya

Serupa, pemilik akun @ephi juga melampirkan foto jajaran rak buku kosong di Gramedia Taman Anggrek.

"Gramedia Taman Anggrek tutup," tulisnya disertai dengan emoticon sedih. 

[Gambas:Video CNN]



(ulf/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK