Harga Pertalite Turun di Serang dan Cilegon

CNN Indonesia | Minggu, 15/11/2020 10:22 WIB
Harga BBM jenis Pertalite di Serang dan Banten turun dari harga normalnya Rp7.650 per liter, seiring dengan program Langit Biru Pertamina. Harga BBM jenis Pertalite di Serang dan Banten turun dari harga normalnya Rp7.650 per liter, seiring dengan program Langit Biru Pertamina. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Pertamina (Persero) menurunkan harga BBM jenis Pertalite yang beredar di Kabupaten Serang, Banten, mulai Sabtu (14/11) kemarin. Penurunan harga juga terjadi Kota Cilegon mulai hari ini, Minggu (15/11).

Namun, tidak disebutkan berapa harga Pertalite yang diberlakukan di dua kota tersebut. Sekadar informasi, harga Pertalite normal berlaku sebesar Rp7.650 per liter.

Penurunan harga Pertalite dalam rangka edukasi dan promosi Program Langit Biru. Berkaca dari program serupa di beberapa wilayah, Pertalite diturunkan menjadi Rp.6.450 per liter atau setara harga Premium.


Kendati begitu, Unit Manager Communication, Relation & CSR Marketing Operation Region III Pertamina Eko Kristiawan mengatakan penurunan harga hanya bisa dirasakan di 8 SPBU di Kabupaten Serang dan 2 SPBU di Kota Cilegon. Di luar itu, harga Pertalite mengikuti tarif normal. 

"SPBU tersebut siaga melayani masyarakat yang ingin menikmati BBM berkualitas dan lebih ramah lingkungan," kata Eko dalam keterangan resmi.

Eko mengatakan penurunan harga ini dalam rangka implementasi Program Langit Biru yang bertujuan memberikan BBM yang lebih berkualitas dengan menghasilkan emisi yang lebih rendah, sehingga ramah lingkungan.

Maka, perusahaan minyak pelat merah memberikan diskon untuk BBM dengan kadar RON 90 yang lebih minim polusi ketimbang BBM jenis Premium dengan RON di bawah 90. 

"Kami mengajak pengendara ini mendapatkan customer experience bahwa dengan BBM berkualitas mesin kendaraannya lebih awet dan bertenaga," ungkapnya. 

Lebih lanjut, penurunan harga juga berlaku untuk semua jenis kendaraan. Mulai dari kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, angkutan umum kota (angkot), hingga taksi plat kuning. 

"Sehingga diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan beralih ke bahan bakar berkualitas," ujarnya. 

Kendati begitu, Eko menegaskan Pertamina tetap memasarkan Premium kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Serang dan Kota Cilegon. "Berdasarkan penugasan dari pemerintah, saat ini Pertamina masih menyalurkan dan menyediakan Premium. Untuk itu masyarakat tidak perlu khawatir," tekannya. 

Sebagai informasi, Program Langit Biru merupakan implementasi dari amanah pemerintah yang tertuang di Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara. 

[Gambas:Video CNN]

Promo Cashback

Selain promo Pertalite harga khusus, Pertamina juga memberikan promo lain berupa uang kembali (cashback) Rp250 per liter. Syaratnya, konsumen perlu membeli BBM Pertamax dengan aplikasi MyPertamina. 

Promo dapat dinikmati di seluruh SPBU Pertamina yang sudah terkoneksi dengan aplikasi MyPertamina di seluruh Indonesia. Daftar SPBU tersebut bisa dilihat langsung oleh konsumen di aplikasi MyPertamina. 

"Pastikan SPBU mengikuti program MyPertamina ini melalui laman situs resmi MyPertamina," imbuhnya. 

Saat ini, ia menyatakan transaksi melalui MyPertamina bisa dipakai di lebih 1.400 SPBU. Jumlahnya mencapai 96 persen khusus di Provinsi Banten. 

Konsumen dapat mengunduh aplikasi MyPertamina di Google Play maupun App Store. Adapun daftar SPBU yang sudah terhubung dengan MyPertamina dapat dilihat di website https://mypertamina.id/spbu/.

(uli/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK