Pemerintah Klaim 29 RPP UU Cipta Kerja Sudah Bisa Diunduh

CNN Indonesia | Kamis, 19/11/2020 19:24 WIB
Sebanyak 29 RPP UU Cipta Kerja sudah bisa diunduh oleh publik untuk segera diberi masukan dan dibahas bersama dengan pemerintah. Sebanyak 29 RPP UU Cipta Kerja sudah bisa diunduh oleh publik untuk segera diberi masukan dan dibahas bersama dengan pemerintah. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengatakan 29 rancangan peraturan pemerintah (RPP) sebagai aturan turunan dari Undang-Undang (UU) Nomor 11 Cipta Kerja sudah bisa diunduh.

Masyarakat bisa mengakses secara langsung dihttps://uu-ciptakerja.go.id/. Menurut Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso, pemerintah akan mengunggah seluruh aturan turunan UU Cipta Kerja di laman resmihttps://uu-ciptakerja.go.id/.

Nantinya, masyarakat juga memberikan komentar terhadap RPP tersebut. "Hari ini sudah ada 29 RPP yang sudah bisa diunduh melalui portal resmi, kami harap pada akhir bulan semuanya sudah bisa diunduh, sehingga bisa beri masukan dan bahas bersama antara pemerintah dengan seluruh stakeholder," ungkap Susiwijono dalam Diskusi Virtual Serap Aspirasi Implementasi UU Cipta Kerja Bidang Perpajakan, Kamis (19/11).


Menurut Susiwijono, pemerintah akan menerbitkan 44 peraturan pelaksana dari UU Cipta Kerja. Rinciannya, 40 RPP dan empat rancangan peraturan presiden.

"Penyusunan peraturan pelaksana membutuhkan masukan dari seluruh lapisan masyarakat dan stakeholder supaya dapat terimplementasi baik," terang dia.

Jika dilihat dalam laman resmi UU Cipta Kerja, beberapa RPP yang sudah terbit ini terdiri dari RPP terkait perizinan berusaha di daerah, penataan ruang, cipta kerja bidang kehutanan, pajak daerah dan retribusi daerah, bank tanah, dan cipta kerja sektor transportasi.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan 19 kementerian/lembaga (k/l) menjadi penanggung jawab dari RPP dan rancangan peraturan presiden. Dengan aturan ini, ia berharap pemulihan ekonomi di Indonesia bisa segera terjadi.

Selain itu, UU Cipta Kerja juga ditujukan menyiapkan perekonomian Indonesia agar mampu segera bangkit dan dalam jangka menengah-panjang meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia di tengah persaingan global.

[Gambas:Video CNN]



(aud/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK