Erick Thohir Geser Dirkeu Pupuk Indonesia ke LEN Industri

CNN Indonesia | Jumat, 20/11/2020 14:56 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir merombak jajaran direksi Pupuk Indonesia dengan menggeser direktur keuangannya ke LEN Industri. Erick Thohir geser posisi direktur Pupuk Indonesia ke PT LEN Industri. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri BUMN Erick Thohir merombak jajaran Direksi PT Pupuk Indonesia (Persero) dan PT Len Industri (Persero). Perubahan tersebut tercantum dalam Surat Keputusan (SK) Menteri BUMN.

Diketahui, Erick menggeser Indarto Pamoengkas dari sebelumnya Direktur Keuangan dan Investasi Pupuk Indonesia menjadi Direktur Keuangan dan SDM Len Industri.

Sementara itu, posisi Indarto di Pupuk Indonesia digantikan oleh Eko Taufik Wibowo. Erick juga mengangkat kembali Gusrizal sebagai Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia. Keputusan itu tertuang dalam SK Nomor 377/MBU/11/2020.


Kepala Komunikasi Korporat Pupuk Indonesia Wijaya Laksana mengatakan Pupuk Indonesia mengapresiasi kinerja Indarto Pamoengkas atas dedikasi dan integritas yang tinggi selama menjabat posisi Direktur Keuangan dan Investasi.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan sumbangsih yang diberikan Bapak Indarto Pamoengkas selama bertugas memangku jabatan Direktur Keuangan dan Investasi. Dan semoga perubahan ini semakin membawa kemajuan bagi perusahaan," kata Wijaya.

Dengan demikian, susunan lengkap jajaran Direksi Pupuk Indonesia (Persero) sebagai berikut:

Direktur Utama: Bakir Pasaman
Wakil Direktur Utama: Nugroho Christijanto
Direktur Produksi: Bob Indiarto
Direktur Keuangan dan Investasi: Eko Taufik Wibowo
Direktur Transformasi Bisnis: Panji W. Ruky
Direktur SDM & Tata Kelola: Winardi
Direktur Pemasaran: Gusrizal

[Gambas:Video CNN]


Copot Direktur Keuangan Len Industri

Sementara itu, Erick juga mencopot Priadi Ekatama Sahari dari posisinya sebagai Direktur Keuangan dan SDM Len Industri. Posisinya, kemudian digantikan oleh Indarto Pamoengkas.

Keputusan ini tertuang dalam SK Menteri BUMN Nomor SK-376/MBU/11/2020.

Indarto menjabat sebagai Direktur Keuangan Pupuk Indonesia selama 5 tahun sejak Desember 2015. Sebelumnya, ia menduduki posisi Senior Vice President di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dari September 2000 hingga Desember 2015.

Manajer Komunikasi Korporasi Len Industri Rastina Anggraeni mengatakan pemegang saham menilai Indarto Pamoengkas telah matang sebagai pengatur strategi keuangan perusahaan holding. Buktinya, Pupuk Indonesia yang ia kelola dapat meningkatkan kinerja operasional dan keuangan secara signifikan.

"Kementerian BUMN mengambil keputusan dan penetapan ini sebagai upaya memperkuat peran Len Industri memimpin kolaborasi antar BUMN di lingkup BUMN Sub-Klaster Industri Pertahanan (Indhan) dalam mewujudkan kemandirian industri pertahanan nasional," ujarnya dalam keterangan resmi.

Pembentukan Holding BUMN Indhan, yang kini masih berjalan bertujuan untuk mewujudkan dan meningkatkan perekonomian industri pertahanan dalam negeri. Dengan susunan direksi yang baru tersebut, Len Industri siap untuk meningkatkan kinerja keuangan dan operasionalnya, sehingga dapat memperkuat sektor industri pertahanan, transportasi kereta, energi baru terbarukan, serta ICT dan navigasi di Indonesia.

Dengan demikian, susunan Direksi Len Industri per 19 November 2020 menjadi sebagai berikut:

Direktur Utama: Zakky Gamal Yasin sebagai
Direktur Operasi I: Linus Andor Mulana Sijabat
Direktur Operasi II: Adi Sufiadi Yusuf Abdurrajak
Direktur Keuangan dan SDM: Indarto Pamoengkas

(ulf/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK