Bisnis Kuliner Gibran Dapat Suntikan Modal Rp28,3 M

CNN Indonesia | Senin, 23/11/2020 14:36 WIB
Salah satu bisnis rintisan kuliner Gibran Rakabuming, Mangkok Ku, mendapat suntikan dana US$2 juta atau sekitar Rp28,3 miliar dari Alpha JWC Ventures. Salah satu bisnis rintisan kuliner Gibran Rakabuming, Mangkok Ku, mendapat suntikan dana US$2 juta atau sekitar Rp28,3 miliar dari Alpha JWC Ventures. (CNN Indonesia/ Safir Makki).
Solo, CNN Indonesia --

Bisnis rintisan kuliner milik Gibran Rakabuming Raka, Mangkok Ku, mendapat kucuran dana US$2 juta atau sekitar Rp28,3 miliar (asumsi kurs Rp14.150 per dolar AS) dari Alpha JWC Ventures. Dana tersebut merupakan suntikan modal eksternal pertama yang diraih Mangkok Ku.

Dalam rilisnya, Alpha JWC Ventures menyebutkan dana tersebut merupakan seed funding di mana investor mendapatkan sebagian kepemilikan perusahaan. Mangkok Ku merupakan restoran dengan spesialisasi rice bowl besutan juri Masterchef Arnold Poernomo bersama pengusaha Randi Kartadinata. Sementara, Gibran bersama adiknya, Kaesang Pangarep berperan sebagai komisaris di perusahaan tersebut.

"(Pendanaan dari Alpha JWC) akan kami gunakan untuk membuka cabang baru, cloud kitchen, central kitchen dan fasilitas R&D," kata Gibran melalui pesan singkat, Senin (23/11).


Menurut putra pertama Presiden Joko Widodo ini, Mangkok Ku dipercaya karena berhasil bertahan di tengah pandemi. Saat ini, Mangkok Ku bisa menjual 600 mangkok per hari.

"Itu kalo pas sepi. Biasanya ribuan kalo enggak ada PSBB," katanya.

Sejak berdiri pertengahan 2019 lalu Mangkok Ku sudah memiliki 22 cabang di Jabodetabek. Dengan suntikan dana tersebut, Mangkok Ku memasang target 30 cabang pada akhir 2020 dan lebih dari 75 cabang di tahun 2021. Gibran menambahkan Mangkok Ku juga akan berinvestasi di cloud kitchen, central kitchen dan fasilitas R&D

"Harapannya ke depan semoga bisa membuka cabang di seluruh Indonesia dan membuka lapangan pekerjaan lebih banyak lagi," katanya.

[Gambas:Video CNN]

Sebagai informasi, Gibran dan Kaesang memiliki sejumlah usaha di bidang kuliner sejak Jokowi masih menjabat sebagai Walikota Solo. Selain Mangkok Ku, beberapa bisnis kuliner kenamaan juga berada di bawah kerajaan bisnis putra presiden tersebut seperti Katering Chili Pari, Markobar, Sang Pisang, Kemripik, dan Goola.

Goola sendiri merupakan bisnis minuman tradisional yang dikemas secara kekinian. Goola sendiri pernah mendapat kucuran dana US$5 juta dari Alpha JWC Ventures pada September 2019 lalu.

(syd/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK