Gurita Bisnis Kuliner Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep

CNN Indonesia | Senin, 23/11/2020 18:13 WIB
Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangeran menekuni bisnis kuliner selama beberapa tahun terakhir. Berikut daftar bisnis kuliner kedua putra Presiden Jokowi itu. Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangeran menekuni bisnis kuliner selama beberapa tahun terakhir. Berikut daftar bisnis kuliner kedua putra Presiden Jokowi itu. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman).
Jakarta, CNN Indonesia --

Bisnis kuliner Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep kian berkembang. Baru-baru ini, salah satu usaha kulinernya, Mangkok Ku, mendapat suntikan modal US$2 juta atau sekitar Rp28,3 miliar (asumsi kurs Rp14.150 per dolar AS) dari Alpha JWC Ventures.

"(Pendanaan dari Alpha JWC) akan kami gunakan untuk membuka cabang baru, cloud kitchen, central kitchen dan fasilitas R&D," kata Gibran melalui pesan singkat, Senin (23/11).

Mangkok Ku bukan bisnis pertama milik kedua putra Jokowi itu yang mendapatkan suntikan modal sebesar jutaan dolar. Sebelumnya, bisnis minuman kekinian mereka, Goola, juga mendapatkan suntikan modal sebesar US$5 juta dari Alpha JWC Ventures.


Berikut daftar bisnis kuliner Gibran dan Kaesang yang dihimpun redaksi dari berbagai sumber:

1. Chili Pari

Chili Pari merupakan bisnis katering yang didirikan Gibran pada 2010. Gibran mengusung konsep one stop wedding solution bagi kliennya.

Selain jasa katering, Chili Pari juga menyediakan gedung, souvenir, undangan, riasan pengantin, pembawa acara, hingga konsultasi rencana pernikahan.

Melalui bisnis ini Gibran diangkat sebagai Ketua Asosiasi Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

2. Markobar

Pada 2015, Gibran masuk ke bisnis martabak manis lewat Markobar atau Martabak Kota Barat. Bisnis ini sebenarnya didirikan oleh Arif Setyo Budi sejak 1996.

Dalam perjalanannya, Gibran bergabung untuk mengembangkan bisnis tersebut. Saat ini, Markobar memiliki 33 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

3. Pasta Buntel

Gibran juga merambah bisnis kuliner berbahan dasar pasta. Bersama tiga orang rekannya, ia mendirikan Pasta Buntel pada Oktober 2015.

Berbeda dengan pasta pada umumnya, Gibran memadukan pasta dengan bumbu nusantara. Cara memasaknya juga dibungkus daun pisang layaknya pepes.

4. Goola

Pada Juli 2015, Gibran menjajal bisnis minuman khas Indonesia lewat Goola. Gerai minuman ini menawarkan minuman tradisional yang dikemas kekinian seperti es doger, es cincau, hingga ketan hitam.

5. Mangkok Ku

Gibran juga tak ingin ketinggalan maraknya tren rice bowl. Pada pertengahan 2019, Mangkok Ku diluncurkan. Dalam bisnis ini, Gibran menggandeng Kaesang, Chef Arnold Purnomo, dan Randy Julius.

Beberapa menu yang ditawarkan antara lain brisket spicy sauce, ox-tounge dabu, dan egg sausage mayo.

6. Siapmas

Bersama Kaesang, Gibran meluncurkan merek Siapmas. Usaha ini memproduksi minuman tradisional siap seduh Ngedrink yang dipasarkan di minimarket. Selain itu, Siapmas juga memproduksi camilan Kemripik yang terbuat dari tepung terigu, sagu, minyak sawit dan varian bumbu masakan tradisional seperti nasi goreng seafood dan seblak Bandung. Sama dengan Ngedrink, Kemripik dapat ditemukan di minimarket.

7. Sang Pisang

Kaesang merintis Sang Pisang pada November 2017. Produk unggulannya adalah pisang nugget. Tak hanya di dalam negeri, Kaesang juga membuka gerai Sang Pisang di luar negeri tepatnya di Kuala Lumpur, Malaysia pada Oktober 2019 lalu.

8. Ternakopi

Gibran dan Kaesang juga masuk ke bisnis kopi kekinian melalui Ternakopi pada April 2019. Saat ini, Ternakopi sudah memiliki lebih dari 30 cabang di seluruh Indonesia.

9. Yang Ayam

Kaesang merintis bisnis ayam kalasan Yang Ayam. Usaha ini diluncurkannya di Tanjung Duren, Jakarta Barat pada Desember 2019.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK