Alpha JWC Ventures, Penyuntik Modal Bisnis Gibran Rp28,3 M

cnn, CNN Indonesia | Senin, 23/11/2020 19:20 WIB
Alpha JWC Ventures telah menyuntik salah satu bisnis kuliner Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep Mangkok Ku sekitar Rp28,3 miliar. Alpha JWC Ventures telah menyuntik salah satu bisnis kuliner Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep Mangkok Ku sekitar Rp28,3 miliar.(CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu bisnis kuliner Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep Mangkok Ku baru saja mendapat suntikan modal US$2 juta atau sekitar Rp28,3 miliar (asumsi kurs Rp14.150 per dolar AS) dari Alpha JWC Ventures.

Mangkok Ku bukan bisnis pertama milik kedua putra Jokowi itu yang mendapatkan suntikan modal sebesar jutaan dolar. Sebelumnya, bisnis minuman kekinian mereka, Goola, juga mendapatkan suntikan modal sebesar US$5 juta dari Alpha JWC Ventures.

Lantas siapa itu Alpha JWC Ventures?


Dikutip dari situs resmi Alpha JWC Venture, perusahaan modal ventura tersebut berdiri pada 2015 silam. Nama JWC berasal dari tiga pendiri perusahaan yakni Jefrey Joe, Will Ongkowidjaja, dan Chandra Tjan.

Perusahaan ini melakukan debut perdananya sebesar US$50 juta pada 2016 sebagai dana modal ventura tahap awal independen dan institusional pertama di Indonesia.

Sejak saat itu, dana tersebut telah ditanamkan pada 23 perusahaan di Asia Tenggara, sebagian besar di Indonesia, yang lebih dari 90 persen di antaranya telah mendapatkan pendanaan lanjutan. 

Dalam portofolionya, berbagai perusahaan telah mendapatkan suntikan dari JWC seperti Kopi Kenangan, Lemonilo, Tanifund, Tanihub, Kredivo, Uang Teman, Style Theory hingga Bobobox.

Perusahaan ini memiliki total dana kelolaan (asset under management) sebesar US$193 juta dengan total investasi di 41 perusahaan rintisan.

Suntikan dana tersebut pun diantaranya diberikan kepada dua bisnis Gibran dan Kaesang yakni Mangkok Ku dan Goola.

[Gambas:Video CNN]



(age/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK