Vaksin Corona Racikan AstraZeneca Bikin Harga Minyak Meroket

CNN Indonesia | Selasa, 24/11/2020 07:29 WIB
Harga minyak mentah dunia naik lebih dari dua persen usai laporan vaksin corona racikan Astrazeneca diklaim efektif 90 persen. Harga minyak mentah dunia naik lebih dari dua persen usai laporan vaksin corona racikan Astrazeneca diklaim efektif 90 persen. Ilustrasi kilang minyak. (AFP/Ian Timberlake).
Jakarta, CNN Indonesia --

Harga minyak mentah dunia naik lebih dari dua persen pada perdagangan Senin waktu setempat (23/11), ditopang oleh laporan positif hasil uji coba vaksin corona racikan Astrazeneca.

Produsen obat asal Inggris, AstraZeneca, menemukan vaksin yang dikembangkan bersama Universitas Oxford efektif sekitar 90 persen. Kabar gembira ini membuat pedagang mengantisipasi pemulihan permintaan.

Mengutip Antara, Selasa (24/11), harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Januari naik US$1,1 atau 2,45 persen menjadi US$46,06 per barel.


Sedangkan, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember naik 1,51 persen dan berakhir di level US$43,06 per barel.

"Dosis lain berita vaksin corona yang menguntungkan hari ini telah mendorong kenaikan baru dalam ekuitas yang dengan mudah tumpah ke ruang minyak," kata Presiden Ritterbusch and Associates Jim Ritterbusch.

Kenaikan tersebut mempersempit perbedaan harga antara kontrak pengiriman bulan depan dengan 6 bulan lalu menjadi hanya 31 sen atau terkecil sejak pertengahan Juni. Hal ini mencerminkan pandangan pedagang bahwa kelebihan pasokan yang berkelanjutan tengah surut.

Prospek permintaan pun kian membaik seiring dengan berita soal kemajuan pengembangan vaksin untuk penyakit covid-19.

Seorang pejabat AS bahkan mengatakan suntikan pertama di negaranya dapat dimulai satu atau dua hari setelah persetujuan regulator diperoleh.

"Minyak mendapat manfaat dari berita vaksin dan data awal menunjukkan beberapa permintaan bahan bakar jet uang lumayan untuk pertama kalinya sejak seluruh pandemi ini dimulai," ujar Mitra Again Capital LLC John Kilduff.

[Gambas:Video CNN]



(wel/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK