KSP Temukan Masalah dalam Pengembangan KEK Bitung

cnn, CNN Indonesia | Kamis, 26/11/2020 08:40 WIB
Kantor Staf Presiden (KSP) menemukan sejumlah permasalahan yang membelit pengembangan KEK Bitung, seperti jumlah investor yang masih minim. Kantor Staf Presiden (KSP) menemukan sejumlah permasalahan yang membelit Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.(Biro Pers Presiden).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kantor Staf Presiden (KSP) menemukan sejumlah permasalahan yang membelit Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung. Temuan berbagai permasalahan terungkap saat KSP melakukan verifikasi lapangan untuk menggali lebih dalam progress dan hambatan pengembangan kawasan ini.

Deputi III KSP Panutan S Sulendrakusuma menyampaikan beberapa poin permasalahan di KEK Bitung. Salah satunya, mengenai terhentinya pembangunan, belum banyaknya investor bisa datang kembali akibat dampak pandemi covid-19, dan masih perlunya hasil tangkapan dikirim ke Jakarta sebelum dieksport ke negara tujuan.

"Kami akan tindaklanjuti seluruh temuan permasalahan di sini, sehingga perkembangan KEK Bitung dapat makin cepat. Terutama untuk tingkatkan ekonomi Indonesia yang terdampak covid-19," tegas Panutan dalam keterangan resmi, Rabu (25/11).


Sementara itu, perwakilan dari PT Membangun Sulut Hebat selaku Badan Usaha Pengelola dan Pembangun KEK Bitung James Sela mengungkapkan meski masih ada kendala sejumlah industri mulai beroperasi di KEK Bitung. Mereka terdiri dari industri kelapa dan turunannya, perikanan dan turunannya, serta logistik dan energi.

"Sejauh ini sudah ada tiga investor yang telah beroperasi, empat telah sampai pada tahap MoU, dan 35 LOI," katanya

Untuk memacu agar investasi kian bergairah, pihaknya juga telah bekerja sama dengan China Road and Bridge Corporation (CRBC) untuk mempromosikan KEK Bitung.

Sekretaris PTSP Bitung Julius Talimbekas juga optimis KEK Bitung akan maju, terlebih dengan dukungan masyarakat sekitar.

KEK Bitung Bitung dipandang cocok sebagai pintu gerbang ekonomi ke negara-negara di Asia Pasifik. Bitung yang berjarak 44 kilometer dari Manado itu juga punya pelabuhan hub internasional Bitung sebagai penghubung bagi perdagangan di kawasan Timur Indonesia.

Terlebih untuk distribusi barang serta penunjang logistik di kawasan timur Indonesia.

[Gambas:Video CNN]



(age/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK