BORR Simpang Yasmin-Semplak Ditargetkan Beroperasi Desember

CNN Indonesia | Kamis, 26/11/2020 10:44 WIB
Jasa Marga menargetkan jalan tol Bogor Ring Road (BORR) seksi 3A Simpang Yasmin-Semplak beroperasi fungsional pada libur Natal dan Tahun Baru. Jasa Marga menargetkan jalan tol Bogor Ring Road (BORR) seksi 3A Simpang Yasmin-Semplak beroperasi fungsional pada libur Natal dan Tahun Baru. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menargetkan jalan tol Bogor Ring Road (BORR) Seksi 3A Simpang Yasmin-Simpang Semplak beroperasi secara fungsional pada libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru). Ruas tol ini di bawah pengelolaan PT Marga Sarana Jabar (MSJ).

Direktur PT MSJ Dedi Krisnariawan Sunoto mengatakan progres konstruksi jalan tol BORR Seksi 3A Simpang Yasmin-Simpang Semplak sudah 99,77 persen per 20 November 2020. Dengan demikian, manajemen optimistis target operasional bisa dilakukan.

"Jalan tol ini direncanakan beroperasi fungsional pada Desember 2020. Dengan beroperasi fungsional, jalan tol BORR Seksi 3A Simpang Yasmis-Simpang Semplak dapat mendukung pelayanan dalam rangka libur panjang Nataru 2020," ucap Dedi dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (26/11).


Saat ini, perusahaan sedang mempercepat pembangunan jalan tol BORR Seksi 3A Simpang Yamin-Simpang Semplak. Namun, ada beberapa kendala yang dihadapi dalam proses konstruksi.

Salah satunya adalah masalah pembangunan on ramp Cibadak yang terkendala oleh lokasi Rumah Sakit Ibu Anak (RSIA) Bunda Suryatni.

Dedi mengaku masalah itu sudah disampaikan kepada Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jawa Barat agar ada arahan untuk menyelesaikan kendala tersebut.

"Kami berharap, seluruh konstruksi pekerjaan jalan tol Seksi 3A Simpang Yasmin-Simpang Semplak dapat segera selesai, termasuk perbaikan hasil pemeriksaan pada proses uji laik fungsi-operasi oleh Badan Pengatur Jalan Tol dan Bina Marga Kementerian PUPR serta Kementerian Perhubungan agar jalan tol ini dapat dioperasikan," jelas Dedi.

Diketahui, jalan tol BORR Seksi 3A Simpang Yasmin-Simpang Semplak memiliki panjang 2,85 km. Jalan tol ini merupakan kelanjutan dari jaan tol BORR Seksi 1 hingga Seksi 2B Sentul-Simpang Yasmin yang sudah beroperasi sebelumnya.

Dedi menyatakan jalan tol BORR dibagi menjadi sejumlah seksi dengan total panjang 13,25 km. Berikut rinciannya:

-Seksi 1 Sentul-Kd. Halang sepanjang 3,70 km
-Seksi 2A Kd. Halang-Kd. Badak sepanjang 1,55 km
-Seksi 2B Kd. Badak-Sp. Yasmin sepanjang 2,65 km
-Seksi 3A Sp. Yasmin-Sp. Semplak sepanjang 2,85 km
-Seksi 3B Semplak- Junction Salabenda sepanjang 2,5 km

Manajemen menargetkan jalan tol BORR dapat mengurai kemacetan lalu lintas di Kota Bogor, khususnya Jalan Sholeh Iskandar. Dengan demikian, jalan tol BORR dapat membuat arus mobilisasi masyarakat dan ekonomi Bogor sebagai kota penyangga Jakarta lebih lancar dari sebelumnya.

[Gambas:Video CNN]



(aud/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK