Singapore Airlines Uji Coba Pengiriman Vaksin Covid-19

CNN Indonesia | Minggu, 06/12/2020 04:19 WIB
Maskapai penerbangan Singapore Airlines ikut dalam penyaluran vaksin covid-19 yang rencananya akan hadir kisaran akhir 2020 atau awal 2021. Maskapai penerbangan Singapore Airlines ikut dalam penyaluran vaksin covid-19 yang rencananya akan hadir kisaran akhir 2020 atau awal 2021.(AFP PHOTO / REMY GABALDA).
Jakarta, CNN Indonesia --

Maskapai penerbangan Singapore Airlines ikut dalam penyaluran vaksin covid-19 yang rencananya akan hadir kisaran akhir 2020 atau awal 2021. Singapore Airlines berencana memprioritaskan pengiriman massal vaksin covid-19 melalui Singapura jika vaksin ini telah tersedia.

Maskapai ini juga berencana melakukan penerbangan uji coba angkut vaksin covid-19 seperti yang dilakukan maskapai-maskapai lain di beberapa negara. Bahkan maskapai ini juga menyebut akan menyediakan ruang kargo dalam rangka prioritas peningkatan untuk pengiriman vaksin Covid-19.

"Ini berarti mempersiapkan Boeing 747-400 kargo, serta armada pesawat penumpang yang akan dikerahkan pada operasi kargo untuk meningkatkan kapasitas transportasi vaksin jika diperlukan," kata maskapai itu dalam sebuah pernyataan dikutip dari Straits Times, Sabtu (5/12).

Maskapai ini juga disebut telah menandatangani perjanjian dengan penyedia cold chain container untuk memastikan akses suhu terkendali dan bisa digunakan untuk mengangkut vaksin dalam jumlah besar.

Sementara itu, Wakil Presiden Senior Kargo Singapore Airline Chin Yau Seng mengaku telah berbicara dengan sejumlah produsen vaksin. Para produsen ini kata dia terbuka dengan gagasan yang diajukan maskapainya.

"Kami sedang mengerjakan detail penerbangan, Anda tinggal menunggu waktunya," kata dia.

Percobaan penerbangan sendiri memang tak memerlukan vaksin sungguhan, dalam percobaan ini cukup disediakan sensor dan kemasan vaksin untuk memantau bagaimana suhunya diatur selama perjalanan.


"Tentu saja jika kami memiliki (vaksin), itu akan lebih baik. Rincian itu sedang dikerjakan," kata Chin.

[Gambas:Video CNN]



(tst/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK