Elon Musk Kirim Tim ke Indonesia Jawab Peluang Jokowi

CNN Indonesia | Selasa, 15/12/2020 07:41 WIB
Elon Musk, pendiri Tesla dan SpaceX, akan mengirimkan timnya ke Indonesia pada Januari 2021 untuk menjajaki peluang kerja sama yang ditawarkan Presiden Jokowi. Elon Musk, pendiri Tesla dan SpaceX, akan mengirimkan timnya ke Indonesia pada Januari 2021 untuk menjajaki peluang kerja sama yang ditawarkan Presiden Jokowi. (AFP/Odd Andersen).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pendiri Tesla dan SpaceX Elon Musk akan mengirimkan timnya ke Indonesia pada Januari 2021 mendatang. Tujuannya untuk menjajaki peluang investasi yang ditawarkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait mobil listrik.

Mengutip laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Selasa (15/12), Jokowi menghubungi Musk melalui telepon pada Jumat (11/12) lalu. Jokowi ketika itu didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

"Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik," tulis keterangan resmi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.


Tak hanya itu, Jokowi juga mengajak Musk untuk menjadikan Indonesia sebagai lokasi bantalan peluncuran (launching pad) Space X. Namun, pemerintah tak menjelaskan lebih lanjut bagaimana potensi Tesla menanamkan investasinya di Indonesia.

Sebelumnya, kabar Tesla untuk berinvestasi di Indonesia sudah senter terdengar. Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ayodhia GL Kalake menyebut Tesla punya rencana berinvestasi di Indonesia.

Dalam kunjungannya ke AS, November lalu, Luhut juga mengajak Tesla untuk berinvestasi baterai lithium di Indonesia.

Lalu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga menyebutkan ada rencana pabrik Tesla didirikan di Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah.

Sebagai informasi, Tesla merupakan perusahaan produsen kendaraan listrik yang berbasis di Palo Alto, California. Pangsa pasar Tesla mencapai 17 persen di dunia untuk segmen mobil listrik plug in dan 23 persen di segmen baterai listrik.

Tesla mencetak kendaraan listrik untuk pasar dunia mencapai 367 ribu unit pada 2019. Jumlahnya meningkat sekitar 49,99 persen dari 245 ribu pada 2018.

[Gambas:Video CNN]



(aud/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK