5 dari 11 Tunnel Kereta Cepat Jakarta-Bandung Kelar Dibangun

CNN Indonesia | Selasa, 15/12/2020 20:10 WIB
Menko Luhut berharap penyelesaian tunnel terbaru Kereta Cepat Jakarta-Bandung dapat mempercepat pembangunan proyek transportasi itu. Menko Luhut berharap penyelesaian tunnel terbaru Kereta Cepat Jakarta-Bandung dapat mempercepat pembangunan proyek transportasi itu. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meresmikan penyelesaian pembangunan terowongan (tunnel)Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada Selasa (15/12). Tunnel 1 berada di kawasan jalan Tol Jakarta KM 5 +500 DK 4 Halim, Bekasi, Jawa Barat.

Bersamaan dengan rampungnya pembangunan tunnel 1 KJCB, total sudah ada lima tunnel yang selesai dikerjakan oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) hingga tahun ini. Jumlah tunnel yang masih harus diselesaikan tersisa enam tunnel.

Luhut berharap penyelesaian tunnel terbaru KCJB bisa mempercepat pembangunan infrastruktur transportasi tersebut. Dengan begitu, pemanfaatan moda transportasi ini bisa segera dirasakan oleh masyarakat.


"Ini menjadi transportasi massal modern untuk memecah masalah kebutuhan mobilitas kita," ucap Luhut saat peresmian seperti dikutip dari keterangan resmi.

Tak hanya menjadi jawaban untuk mobilitas masyarakat, Luhut meyakini bahwa kehadiran KCJB akan memberikan dampak positif bagi perekonomian, kesejahteraan masyarakat, dan kemajuan bangsa Indonesia.

"Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung adalah proyek penting yang menjadi perhatian kita bersama. Proyek ini merupakan titik lain modernisasi transportasi publik di Indonesia," ujarnya.

Dalam keterangan yang sama, Presiden Direktur PT KCIC Chandra Dwiputra mengungkapkan pembangunan tunnel 1 ini membuat keseluruhan proyek sudah rampung 64,4 persen. Sisanya akan segera dikejar oleh perusahaan.

"Tunnel ini adalah yang terpanjang di Asia Tenggara," tutur Chandra.

Presiden Komisioner PT KCIC Ju Guojiang memastikan proses pembangunan kereta cepat di tengah pandemi virus corona atau covid-19 tetap dilakukan secara aman.

"Pembangunan kereta cepat ini berusaha untuk dilakukan secara aman dan presisi," ujar Guojiang.

Duta Besar Republik Rakyat China untuk Indonesia Xiao Qian menyatakan kerja sama dalam proyek kereta cepat merupakan wujud persahabatan antara kedua negara. Khususnya di bidang pertukaran teknologi tinggi dan keselamatan kerja.

[Gambas:Video CNN]



(uli/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK