PERISKOP 2021

4 Usaha Menjanjikan Demi Gemukkan Kantong di 2021

Ulfa Arieza, CNN Indonesia | Senin, 04/01/2021 08:00 WIB
Setelah kondisi ekonomi tertekan akibat pandemi corona pada 2020, berikut empat usaha dengan modal minim yang bisa dicoba agar mendatangkan cuan. Memulai bisnis tak selalu harus dengan modal besar. (Gadini/Pixabay).

Yuswohady menyarankan bagi masyarakat yang akan membuka bisnis di tahun ini sebaiknya dimulai dengan modal minim. Mengingat, ekonomi belum pada kondisi pulih seutuhnya sehingga risiko masih menghantui.

"Sekarang orang mencari uang susah, mendapatkan pinjaman dari bank juga sudah jadi starting with small capital (modal kecil)," ujarnya.

Jika bisnis lancar, maka pengusaha bisa menyisihkan sebagian keuntungan untuk memperbesar skala bisnis. Ia juga tidak menyarankan memulai usaha dengan menggunakan uang pinjaman alias berhutang.


"Jadi jangan mulai dari yang besar karena risiko di masa krisis ini masih ada. Jadi, mulai dari yang kecil kemudian pelan-pelan secara organik tumbuh sambil membaca terus permintaan pasar," ujarnya.

Karena minim modal, maka ia menganjurkan agar pebisnis menekan aset. Misalnya, jualan makanan melalui online dengan memanfaatkan dapur rumah tanpa perlu membuka gerai. Sebagai gantinya, penjual harus memaksimalkan pemasaran melalui online.

"Menggunakan sosial media relatif murah dan sekarang semua orang kumpul di sosial media karena jarang keluar rumah, itu menjadi alat marketing yang merah dan efektif. Juga bisa menggunakan komunitas seperti di WhatsApp dan Facebook," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(age/age)
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK