Pengusaha Usul Vaksinasi Corona Bisa Dilakukan di Mal

CNN Indonesia | Senin, 18/01/2021 20:46 WIB
Pengusaha usul kepada pemerintah agar vaksinasi corona bisa dilakukan di mal. Mereka menyiapkan 'pesta' diskon supaya vaksinasi berjalan lancar Pengusaha usul vaksinasi corona tak hanya dilakukan di kelurahan atau puskesmas, tapi juga mal. Mereka siap membantu pemerintah agar itu bisa terwujud. Ilustrasi. (AP/Cheyenne Boone).
Jakarta, CNN Indonesia --

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) usul pemerintah mau melaksanakan program vaksinasi corona di dalam mal. Usulan diberikan sebagai dukungan pengelola mal atas program pemerintah dalam mengatasi virus corona.

"Kami melihat pemerintah sedang mengatur masalah distribusi (vaksin), sehingga kami menawarkan diri apabila pemerintah, Kementerian Kesehatan memberikan pusat belanja untuk penyelenggaraan vaksinasi," tutur Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) APPBI DKI Jakarta Ellen Hidayat, Senin (18/1).

Ellen mengatakan ada beberapa skema yang diusulkan pengusaha agar vaksinasi corona bisa dilakukan di mal. Salah satunya, mempersilahkan pemerintah mendirikan sarana dan prasarana vaksinasi di dalam mal.


Tak hanya itu, pengusaha juga mempersilahkan pemerintah mendatangkan dokter dan petugas medis ke dalam mal untuk melakukan vaksinasi.

"Kondisinya bisa kami awasi, daripada harus dilakukan ke tempat maaf misalnya kelurahan, mal siap dijadikan tempat vaksin, sehingga distribusi lebih cepat," jelasnya.

Ia juga berharap gagasan ini bisa menumbuhkan minat masyarakat untuk kembali berbelanja di mal. Ia juga berharap itu menambah keyakinan dan membuat kebijakan pemerintah ke depan lebih longgar terhadap aktivitas dan operasional mal ke depan.

"Karena selama ini mal bukan kluster covid-19, kami juga terus melakukan protokol kesehatan, jadi harapannya masyarakat bisa tenang dan aman," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

Sementara itu, Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) menyatakan untuk memancing minat masyarakat dalam mengikuti program vaksinasi, pihaknya siap memberi diskon kepada pengunjung mal yang sudah melakukan suntik vaksin virus corona atau covid-19.

"Kami siap kasih diskon (bagi pengunjung) yang menunjukkan sudah vaksin, kami kasih diskon," ujar Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah.

Kendati begitu, ia belum mengungkap seperti apa mekanisme dan rincian diskon yang siap diberikan itu . Namun, rencana ini sejalan dengan gagasan dari Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) yang ingin pelaksanaan vaksinasi covid-19 bisa dilakukan di dalam mal.

(uli/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK