Jam Buka Mal Ditambah, Pengelola Pede Konsumen Naik 15 Persen

CNN Indonesia | Kamis, 21/01/2021 15:57 WIB
Asosiasi mengungkap dampak positif dari penambahan jam operasional mal dan restoran selama perpanjangan PPKM hingga 8 Februari mendatang. Asosiasi mengungkap dampak positif dari penambahan jam operasional mal dan restoran selama PPKM fase dua hingga 8 Februari mendatang. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia --

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mengungkap dampak positif dari penambahan jam operasional restoran dan mal dari pukul 19.00 WIB menjadi 20.00 WIB selama perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dari 26 Januari hingga 8 Februari 2021 mendatang.

Anggota Dewan Pembina APPBI Stefanus Ridwan menyatakan penambahan jam operasional bakal berdampak signifikan, salah satunya jumlah pengunjung.

"Dengan tutup jam 20.00 WIB ini dari sebelumnya 19.00 WIB ada lah kira-kira peningkatan pengunjung 10 persen sampai 15 persen," ucapnya kepada CNNIndonesia.com Kamis (21/1).


Selain pengunjung, jumlah omzet yang diterima tenant mal dan pengelola restoran dipastikan juga akan meningkat. Pasalnya, di hari kerja, biasanya masyarakat pergi ke mal atau restoran pada jam istirahat makan siang dan jam pulang kantor yang berkisar antara jam 18.00-19.00 WIB.

Ketika operasional mal dan restoran hanya sampai pukul 19.00 WIB, artinya pukul 18.30 WIB mereka sudah tak lagi bisa menerima pengunjung.

"Satu hari itu, kan, ada dua peak hour, di mana orang cari makan siang dan makan malam. Ini kalau makan malamnya hilang, berarti 50 persen omzet dia hilang, dan gara-gara itu juga orang malas ke mal. Orang belanja juga enggak keburu. Nah, itu sangat mengganggu kemarin," jelasnya.

Meski demikian Stefanus tetap berharap ke depannya jam operasional bisa kembali normal hingga pukul 22.00 WIB. Terlebih program vaksinasi covid-19 sudah berjalan dan masyarakat mulai sadar pentingnya protokol kesehatan di ruang publik.

"Akan lebih bagus lagi kalau dia kembali normal. Masalahnya kalau begini terus lama kelamaan mal akan sepi dan untuk cari tenant makin susah," pungkasnya.

Seperti diketahui, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebelumnya mengumumkan perpanjangan PPKM di Jawa dan Bali sekaligus menyampaikan adanya perubahan untuk jam operasional mal dan restoran.

"Pembatasan operasional mal dan restoran, karena di beberapa daerah agak flat maka diubah menjadi jam 20.00," ujar Airlangga dalam YouTube Sekretariat Presiden.

Airlangga juga menegaskan selain mal dan restoran, sektor lain masih sama seperti aturan yang berlaku sebelumnya dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 01 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dalam rangka PSBB Jawa Bali.

[Gambas:Video CNN]



(hrf/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK