DKI Buka 5 Pasar Daging Beku Sikapi Aksi Mogok Pedagang

CNN Indonesia | Kamis, 21/01/2021 21:05 WIB
DKI membuka pasar khusus daging beku di lima lokasi di ibu kota, Pasar Minggu, Rawa Sari, Pangkalan Jati, Klender, Kalideres untuk sikapi aksi mogok pedagang. Pemda DKI menyediakan lima tempat bagi masyarakat yang ingin membeli daging sepi beku demi menyikapi aksi mogok yang dilakukan oleh pedagang. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (DKPKP) DKI Jakarta menyediakan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) atau Pasar Mitra Tani di lima tempat yang tersebar di beberapa wilayah di ibu kota untuk menjual stok daging sapi beku. 

Itu dilakukan dalam rangka menyikapi aksi mogok para pedagang daging sapi di wilayah Jabodetabek pada pekan ini.

"Melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam rangka antisipasi upaya pemenuhan kebutuhan daging sapi (daging sapi beku)," kata Pelaksana tugas (Plt) Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (DKPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati dalam keterangan tertulis, Kamis (21/1).


Suharini mengimbau masyarakat yang kesulitan mendapatkan daging untuk membeli stok mereka. Terutama di pasar-pasar TTIC yang telah ditentukan.

Pasar itu adalah, TTIC Pasar Minggu, Rawa Sari, Pangkalan Jati, Kalideres, dan Klender.

Suharini mengatakan untuk memudahkan pembeli di masa pandemi, TTIC menyediakan transaksi pembelian secara daring. Dengan layanan ini, masyarakat yang hendak membeli daging di TTIC bisa menggunakan layanan berbasis daring untuk berbelanja dari rumah.

Pembelian daring ini kata dia, bisa dilakukan melalui Pasar Mitra Tani Gofood pada aplikasi Gojek.

[Gambas:Video CNN]

"Harga jual daging sapi di TTIC berkisar Rp 70 ribu sampai Rp 90 ribu per kilogram sesuai spesifikasi daging," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri menyampaikan pedagang daging sapi akan melakukan aksi mogok jualan di sejumlah pasar di kawasan Jabodetabek.

Abdullah mengaku telah mendapat tembusan surat edaran Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) bernomor 08/A/DPD-APDI/I/2021 yang memuat rencana mogok jualan itu.

Para pedagang di bawah bendera APDI juga berencana menutup aktivitas pemotongan sapi hidup di rumah potong hewan (RPH). Begitu juga dengan aktivitas perdagangan daging beku di distributor.

Dalam perkembangannya, pedagang menyatakan aksi mogok tersebut berakhir mulai Kamis malam ini karena stok daging beku di DKI Jakarta mencukupi.

(tst/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK