Stafsus Erick Sebut Direksi SWF Harus Punya Jaringan Global

CNN Indonesia | Jumat, 22/01/2021 16:24 WIB
Stafsus Menteri BUMN Arya Sinulingga membocoran direksi SWF nantinya merupakan sosok yang memiliki jaringan internasional dan dipercaya pasar. Stafsus Menteri BUMN Arya Sinulingga membocoran direksi SWF nantinya merupakan sosok yang memiliki jaringan internasional dan dipercaya pasar. (CNN Indonesia/ Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dikabarkan akan memilih calon direksi Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Sovereign Wealth Fund (SWF) yang memiliki jaringan internasional. Selain itu, direksi juga merupakan sosok yang dipercaya pasar.

Hal ini diungkap oleh Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga. Arya mengatakan saat ini sejumlah nama sudah beredar.

"Direksi ini banyak nama yang berseliweran. Yang pasti yang kami cari adalah orang yang memang berkualitas, punya jaringan internasional, dipercaya oleh market, dan yang pasti menumbuhkan kepercayaan market terhadap SWF juga, itu sangat penting," kata Arya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (22/1).


Ia berharap tokoh-tokoh ini bisa bekerja sama dengan tiga calon dewan pengawas yang sebelumnya sudah dipilih oleh Sri Mulyani dan Erick Thohir. Mereka adalah Darwin Cyril Noerhadi, Yozua Makes, dan Haryanto Sahari.

Nama ketiga calon kemudian diberikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan disetujui. Setelah itu, Jokowi mengajukannya ke Ketua DPR Puan Maharani dan telah disetujui juga.

Arya berharap hasil seleksi direksi LPI nanti juga mendapat persetujuan dari Jokowi dan DPR. Begitu juga dengan pasar.

"Setelah kemarin dewan pengawas dipilih kan terlihat bahwa market merespons positif dengan pemilihan dewan pengawas tersebut dan kami juga berharap nantinya para direksi SWF ini adalah orang-orang yang kompeten, kredibel, dan dipercaya oleh market, karena ini berhubungan dengan investasi," pungkasnya. 

[Gambas:Video CNN]



(uli/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK