Tol Desari, Tommy Soeharto Gugat Perusahaan Terafiliasi Tutut

CNN Indonesia | Senin, 25/01/2021 19:59 WIB
Tommy Soeharto juga menggugat perusahaan terafiliasi dengan perusahaan milik Siti Hardijanti Rukmana (Tutut) dalam perkara penggusuran proyek Tol Desari. Tommy Soeharto juga menggugat perusahaan terafiliasi dengan perusahaan milik Siti Hardijanti Rukmana (Tutut) dalam perkara penggusuran proyek Tol Desari. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Anak Presiden RI ke-2 Soeharto, Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto tak hanya menggugat pemerintah soal penggusuran bangunan dan lahan dalam proyek Jalan Tol Depok-Antasari (Tol Desari). Ia juga menggugat perusahaan yang terafiliasi dengan perusahaan milik sang kakak, yakni Siti Hardijanti Rukmana (Tutut).

Gugatan tersebut dilayangkan Tommy lewat kuasa hukumnya, Victor Simanjuntak di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Mengutip laman resmi Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, gugatan itu didaftar pada 6 Januari dengan nomor perkara 35/Pdt.G/2021/PN JKT.SEL

Dalam perkara itu, salah satu pihak yang digugat Tommy adalah PT Citra Waspphutowa. Jika ditelusuri lebih lanjut, Citra Waspphutowa merupakan anak usaha PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk atau CMNP. Dalam laman resmi CMNP, Citra Waspphutowa merupakan anak usaha yang memegang konsesi Jalan Tol Desari.


Mengutip dari berbagai sumber, CMNP merupakan perusahaan milik Tutut yang berdiri pada 1978 silam. Selain Citra Waspphutowa, CMNP juga memiliki beberapa anak usaha lainnya yaitu PT Citra Margatama Surabaya, PT Citra Persada Infrastruktur, PT Citra Marga Nusantara Propertindo, dan PT Citra Marga Lintas Jabar.

Lebih detail, Citra Margatama Surabaya merupakan pemegang konsesi jalan tol Simpang Susun Waru-Bandara Juanda Surabaya, Citra Persada Infrastruktur sebagai spesialis operation and maintenance jalan tol, Citra Marga Nusantara Propertindo bergerak di bidang properti dan pengembangan kawasan, dan Citra Marga Lintas Jabar pemegang konsesi jalan tol Soreang-Pasir Koja.

Sementara itu, Tommy juga menggugat tiga pihak lainnya, yaitu Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) Toto Suharto dan Rekan, Pemerintah Republik Indonesia cq. Kementerian Keuangan cq. Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jakarta Cilandak, dan PT Girder Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

Jika ditelaah lebih lanjut, Girder Indonesia merupakan cucu usaha dari CMNP. Pasalnya, Girder Indonesia adalah anak dari Citra Persada Infrastruktur.

Sebagai informasi, RTI Infokom mencatat saham CMNP kini mayoritas atau sebesar 60,92 persen digenggam oleh BNP Paribas Wealth Management Singapore Branch. Lalu, sisanya sebesar 39,08 persen dimiliki masyarakat.

(aud/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK