Erick Dibisiki Jokowi soal BSI: Logo Bagus, Usaha Harus Bagus

CNN Indonesia | Kamis, 04/02/2021 10:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir mengklaim dibisiki Jokowi agar usaha BSI bagus, sebagus logo bank syariah hasil merger bank-bank syariah BUMN. Menteri BUMN Erick Thohir mengklaim dibisiki Jokowi agar usaha BSI bagus, sebagus logo bank syariah hasil merger bank-bank syariah BUMN. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri BUMN Erick Thohir mengklaim dibisiki oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peluncuran PT Bank Syariah Indonesia (BSI), bank hasil merger dengan bank-bank syariah BUMN, belum lama ini.

Jokowi, kata Erick, sempat memuji logo perusahaan bank syariah BUMN itu sambil memberi amanah agar kinerja perusahaan sebagus logonya.

"Kemarin ketika Bapak Presiden pada saat meluncurkan BSI, membisikkan ke saya, 'Pak Menteri, logonya bagus, tapi titip usahanya harus bagus," katanya pada Pembukaan Perdagangan BSI di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (4/2).


Pesan itu, lanjut Erick, dititipkan agar BUMN tidak hanya sekadar dilebur, tapi juga memiliki strategi bisnis yang solid.Apalagi, BUMN memiliki ambisi untuk mampu menyaingi perusahaan swasta dan asing, khususnya di sektor industri perbankan.

Erick mengaku ingin melihat lebih banyak lagi perusahaan pelat merah yang masuk dalam daftar perusahaan publik terbesar dunia versi Forbes.

Selama ini, BUMN yang pernah masuk dalam daftar bergengsi itu adalah PT BRI (Persero) Tbk, PT BNI (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, termasuk PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

"Jangan nambah bank di BUMN, tapi strategi dan komitmennya tidak jelas," imbuh Erick.

Lebih lanjut, dalam 3 tahun ke depan, Erick berjanji akan terus memperbaiki tata kelola perusahaan atau good corporate governance (GCG) serta transparansi BUMN.

Tujuannya, agar lebih banyak anak atau cucu perusahaan negara yang dapat dilepas di papan bursa dalam negeri.

"Sesuai roadmap (peta jalan) Kementerian BUMN, kami mengharapkan ada BUMN yang go global, tidak mengakuisisi, tapi juga bersaing peringkat secara global," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]



(wel/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK