Teten Rapat dengan Shopee Bahas Produk Murah Penjual China

CNN Indonesia | Kamis, 18/02/2021 16:29 WIB
Kemenkop UKM melakukan pertemuan dengan Shopee membahas dugaan pedagang asal China yang menjual produk dengan harga murah dan rugikan pelaku kecil dalam negeri. Kemenkop UKM melakukan pertemuan dengan Shopee membahas dugaan pedagang asal China yang menjual produk dengan harga murah dan rugikan pelaku kecil dalam negeri.(CNN Indonesia/ M. Arby Rahmat).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Koperasi dan UKM melakukan pertemuan dengan Shopee membahas dugaan pedagang asal China yang menjual produk dengan harga murah dan merugikan pelaku kecil dalam negeri.

"Siang ini meeting dengan Shopee," ungkap Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki kepada CNNIndonesia.com pada Kamis (18/2).

Dihubungi secara terpisah, Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman menyebut pertemuan dengan Shopee berlangsung siang tadi pada pukul 13.00 WIB.


Sayangnya, ia enggan membeberkan isi dari pertemuan tersebut. "Nanti akan disampaikan lewat rilis," jawab dia.

Seperti diketahui, sejak Rabu (17/2), warga net di Twitter ramai menyatakan dukungannya melindungi pelaku UMKM dalam negeri. Berbagai tagar pun bermunculan, mulai dari #SellerAsingBunuhUMKM hingga #ShopeeBunuhUMKM.

Berbagai diskusi berseliweran, diduga penjual dari China yang dipanggil 'Mr Hu' ini mampu menjual barangnya ke Indonesia dengan harga murah meriah dengan memanfaatkan dumping atau barang dijual dengan harga lebih rendah dibandingkan negara asal.

Ini membuat pelaku di dalam negeri kalah saing dari para penjual asing. Jika pemerintah tinggal diam, dikhawatirkan transaksi ini akan mematikan UMKM RI.

Redaksi telah meminta penjelasan dari Shopee Indonesia, namun hingga berita diturunkan, Shopee belum mengeluarkan pernyataan.

[Gambas:Video CNN]



(wel/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK