Penutupan Kode Broker Bakal Dilakukan BEI Februari 2021

CNN Indonesia | Kamis, 25/02/2021 08:11 WIB
Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan penutupan kode broker dan tipe investor dilakukan untuk menjawab kebutuhan pelaku pasar. Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan penutupan kode broker dan tipe investor dilakukan untuk menjawab kebutuhan pelaku pasar. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana menutup kode broker dan tipe investor di tampilan post trade. Hal tersebut tertuang dalam dokumen sosialisasi pengembangan sistem dan infrastruktur teknologi informasi.

Dalam dokumen itu disebutkan bahwa penutupan dilatarbelakangi bahwa kode broker dan tipe investor (foreign/domestic) saat ini ditampilkan sebagai informasi post trade ke publik setiap terjadinya transaksi di BEI.

Penutupan kode broker di tampilan post trade sendiri ditargetkan live pada Juli 2021, sedangkan penutupan tipe investor pada Februari 2022.


"Menjawab kebutuhan dari pelaku, maka diusulkan untuk menghilangkan data kode broker dan tipe investor hanya pada real-time running trade, sementara pada akhir hari/olahan tetap disediakan," demikian bunyi dokumen tersebut dikutip CNNndonesia.com, Kamis (25/2).

Selain itu disebutkan pula penutupan kode broker dan tipe investor bertujuan untuk mengikuti best practice, mengurangi potensi herding behavior, dan meningkatkan kewajaran dalam pembentukan harga, mengurangi front running, piggybacking dan information leakage.

Kemudian, penutupan juga bertujuan meningkatkan insentif untuk melakukan riset, meningkatkan partipasi dari informed investor, large dan repeatedly investor, dan berpotensi meningkatkan likuiditas dan menurunkan spread.

Dalam dokumen tersebut, BEI juga menunjukkan mengenai tampilan saat ini mengenai kode broker, informasi foreign dan domestik yang ditampilkan pada post trade.

[Gambas:Video CNN]

Nantinya, data yang tetap ditampilkan dan didistribusikan seperti data transaksi bursa (per AB), data trade summary (DTS) via JTPM dan data end of day berlangganan (IDXData), informasi broker summary, investor type dan data publik di website bursa, serta data untuk kebutuhan statistik.

Selanjutnya, dijelaskan bahwa penutupan kode broker dan informasi tipe investor dilakukan dalam dua fase. Pertama dilakukan penutupan kode broker, dan kemudian penutupan informasi tipe investor. Penutupan investor tipe investor foreign/domestic efektif enam bulan setelah penutupan kode broker pada Februari 2022.

(hrf/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK