Kerja 24 Jam, Sandi Hilangkan Tanggal Merah di Kemenparekraf

CNN Indonesia | Senin, 01/03/2021 18:22 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan tidak ada istilah tanggal merah atau hari libur di kementeriannya. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan tidak ada istilah tanggal merah atau hari libur di kementeriannya.(Arsip Kemenparekraf).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan tidak ada istilah tanggal merah atau hari libur di kementeriannya. Sebab seluruh staf Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja 24 jam sehari dan tujuh hari dalam seminggu.

Hal ini diungkap Sandi saat menjadi pembicara di forum diskusi bertajuk Vaksinasi Datang, Pariwisata Gemilang yang diadakan oleh Forum Merdeka Barat (FMB) 9 Kementerian Komunikasi dan Informatika secara virtual pada Senin (1/3).

"Seluruh jajaran di Kemenparekraf ini sekarang sudah tidak ada tanggal merah lagi, semua tanggalannya hitam, kami kerja 24 jam, tujuh hari urus pariwisata dan ekonomi kreatif," ungkap Sandi.


Sandi mengatakan semangat kerja ini sengaja diterapkan kepada para stafnya agar lebih giat dalam mengurus sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang dipimpinnya sekarang. Hal ini perlu karena sektor ini menjadi salah satu industri yang paling terpukul dampak pandemi virus corona atau covid-19.

"Kami all out untuk masa-masa yang sangat sulit ini. Harapannya, semua pihak juga ikut mendukung," ujarnya.

Dalam menjalankan tugasnya, Sandi juga sempat menyebut beberapa staf kementerian yang paling sering membantunya.

Mulai dari Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis Kemenparekraf Henky Hotma Parlindungan Manurung, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam, hingga Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf Wisnu Bawa Tarunajaya.

Di sisi lain, Sandi mengatakan ada tiga semangat yang diterapkannya kepada para anak buahnya di kementerian, yaitu gerak cepat alias gercep, gerak bersama atau geber, hingga gaspol yang merupakan singkatan dari garap semua potensi.

Tak ketinggalan, kolaborasi dan inovasi juga senantiasa dilakukan dalam memulihkan sektor pariwisata yang mempekerjakan sekitar 12 juta pekerja dan ekonomi kreatif mencapai 21 juta pekerja.

"Kita harus gerak cepat untuk memulihkan sektor ini," imbuhnya.

Bila pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bangkit, Sandi meyakini target pertumbuhan ekonomi Indonesia positif pada tahun ini bisa tercapai. Target tersebut datang dari pemerintah, Bank Indonesia, hingga para lembaga ekonomi dan keuangan internasional.

"Konsensus analis di 2021 kita akan bangkit, rebound. Versi World Bank, ekonomi kita insyaAllah akan positif 3,1 persen. Bahkan IMF memperkirakan kita tumbuh 4,8 persen pada tahun ini dan 6 persen di 2022," pungkasnya. 

[Gambas:Video CNN]



(uli/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK