Indosat Ooredoo Jual 4.200 Menara Senilai Rp10,8 Triliun

Christine Novita Nababan, CNN Indonesia | Selasa, 30/03/2021 19:26 WIB
Indosat Ooredoo menjual lebih dari 4.200 menara telekomunikasi kepada Epid Menara AssetCo, anak usaha Edge Point Singapura di Indonesia. Indosat Ooredoo menjual lebih dari 4.200 menara telekomunikasi kepada Epid Menara AssetCo, anak usaha Edge Point Singapura di Indonesia. (CNN Indonesia/Eka Santhika Parwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) mengumumkan penandatangan perjanjian jual dan sewa kembali 4.200 menara telekomunikasi milik perseroan kepada PT Epid Menara AssetCo (Edge Point Indonesia).

"Langkah ini merupakan strategis dan penting bagi perusahaan yang akan memberi keuntungan dan kepausan bagi pelanggan," ujar Direktur Utama dan CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama, mengutip Antara, Selasa (30/3).

Epid Menara AssetCo merupakan anak usaha Edge Point Singapura di Indonesia. Perusahaan dimiliki sepenuhnya oleh Digital Colony, investor infrastruktur digital global terkemuka dengan pengalaman luas memiliki dan mengoperasikan menara seluler.


Indosat Ooredoo sepakat menjual menara telekomunikasi mereka senilai US$750 juta, termasuk penawaran tambahan. Aksi korporasi ini menjadi salah satu transaksi terbesar di Asia.

Penjualan menara ini, sambung Ahmad, sekaligus membuka permodalan untuk membangun pertumbuhan perusahaan lewat peningkatan kinerja jaringannya, termasuk peluncuran solusi-solusi digital baru yang inovatif.

Penjualan menara juga bagian dari strategi yang memfokuskan kembali bisnis dan produk, serta layanan digital Indosat Ooredoo, termasuk juga dalam upaya menciptakan nilai yang optimal dari infrastrukturnya.

"Memperoleh pendapatan dari portofolio menara telekomunikasi yang berkualitas tinggi merupakan pilar utama dari strategi perusahaan saat ini," terang dia.

Ahmad juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang telah menciptakan kebijakan yang memungkinkan industri telekomunikasi berkembang, serta menarik investor sekaliber Edge Point.

Transaksi kedua pihak diharapkan selesai pada kuartal II 2021, termasuk menunggu persetujuan pemegang saham dari Indosat Ooredo pada RUPSLB 6 Mei 2021 nanti.

[Gambas:Video CNN]



(bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK