Bisikan Sandi ke Sri Mulyani Soal Mimpi Genjot Wisata

CNN Indonesia | Jumat, 09/04/2021 18:14 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno membisiki Menkeu Sri Mulyani soal keinginannya meningkatkan kunjungan wisatawan tanpa membuat kasus corona naik. Ia mengaku itu sulit. Menparekraf Sandiaga Uno membisiki Menkeu Sri mulyani soal keinginannya meningkatkan kunjungan wisatawan tanpa membuat kaus corona naik. Ia mengaku itu sulit. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan sempat dibisik oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno soal keinginannya meningkatkan kunjungan wisata masyarakat di Indonesia tanpa membuat jumlah kasus harian virus corona atau covid-19 naik.

Menurut Ani, bisikan ini muncul karena sektor pariwisata memang menjadi industri yang paling terbebani oleh pandemi covid-19.

"Tadi Pak Sandi bisiki saya, kalau kita mau mendorong demand berwisata itu, kita tahu ini pilihan sulit karena takut covid-19 menyebar. Jadi bagaimana caranya mendorong mobilitas dan konsumsi tanpa menyebabkan covid-19 menjadi semakin parah?" ujar Ani, sapaan akrabnya, di acara Sarasehan Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional, Jumat (9/4).


Ia mengatakan agar mimpi itu bisa terwujud, pemerintah berusaha memberikan berbagai stimulus dan insentif bagi sektor ini, termasuk memberikan vaksinasi bagi pekerja di sektor pariwisata.

"Kami berharap di kuartal II nanti akan terjadi rebound, dan program prioritas, terutama di daerah dan pemda bisa melakukan maupun kementerian/lembaga melalui program lain," katanya.

Di sisi lain, Ani ikut melempar bisikan kepada Sandi agar program Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia bisa benar-benar dimaksimalkan untuk menarik minat dan konsumsi masyarakat di sektor tersebut.

"Apalagi kemarin diumumkan untuk hari belanja online. Saya bilang ke Sandi, BBI dan Bangga Wisata Indonesia ini harus bisa didesain dengan sangat hati-hati, karena kita ingin mendorong aktivitas masyarakat tapi tidak ingin covid-nya terus meningkat. Ini selalu dicari titik tengahnya," katanya.

[Gambas:Video CNN]

Lebih lanjut, Ani turut memastikan bahwa pemerintah tetap berkomitmen dalam program hibah pariwisata kepada daerah. Tahun ini, pagu yang dialokasikan Rp3,3 triliun untuk 101 daerah.

"Untuk Bali sendiri Rp1,18 triliun untuk sembilan kabupaten/kota. Saya tahu banyak kabupaten/kota masih menghendaki karena memang Bali salah satu paling dalam terpengaruh pandemi," pungkasnya.

Untuk Bali sendiri Rp1,18 triliun untuk sembilan kabupaten/kota. Saya tahu banyak kabupaten/kota masih menghendaki karena memang Bali salah satu paling dalam terpengaruh pandemi," tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan juga sempat berdiskusi dengan Sandiaga soal pembentukan data hub pariwisata. Rencana ini juga melibatkan data dari Provinsi Bali.

"Ini adalah bagaimana mengintegrasikan data dari tiketing, hotel, e-commerce, dan segala macam, kami sudah ketemu dengan Menpar, jadi ini satu data nasional supaya mudah satu data nasional, sehingga tahu ke Bali berapa, preferensinya apa, atau kurang apa untuk kebijakan dukung PEN," pungkasnya.

(uli/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK