Kemenhub Dukung Penambahan Jalur Sepeda di 6 Daerah

CNN Indonesia | Jumat, 04/06/2021 13:45 WIB
Kemenhub mendukung penambahan jalur sepeda di Surakarta, Purworejo, Salatiga, Klaten, Magelang, dan Palembang. Kemenhub mendukung penambahan jalur sepeda di Surakarta, Purworejo, Salatiga, Klaten, Magelang, dan Palembang. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendukung penambahan jalur sepeda di enam kabupaten/kota di Indonesia. Enam kab/kota yang dimaksud adalah Surakarta, Purworejo, Salatiga, Klaten, Magelang, dan Palembang. Namun, tak disebutkan kapan penambahan jalur sepeda akan dirampungkan.

"Kementerian Perhubungan lewat Ditjen Perhubungan Darat pada 2020 telah mendukung jalur sepeda di enam kab/kota," ucap Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi pada pembukaan Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021, Jumat (4/6).

Lewat Peraturan Menteri Nomor 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan, Kemenhub mengatur tata cara bersepeda di jalan raya, termasuk jalur sepeda.


Selain pemerintah daerah, Kemenhub juga ikut menggandeng Kementerian PUPR dalam menyediakan jalur sepeda untuk pesepeda yang tumbuh pesat sejak pandemi covid-19.

Pada kesempatan terpisah, Budi mengatakan usulan penyediaan jalur khusus sepeda disebabkan oleh perilaku pesepeda di jalan raya yang seringkali tidak beraturan. Bahkan, pesepeda kerap beririsan dengan pengendara kendaraan bermotor lainnya.

"Saya akan bicara dengan Kementerian PUPR juga, hadir juga Dinas Perhubungan yang koordinasi dengan Pak Bupatinya dan lain-lain untuk menyiapkan jalur sepeda," katanya beberapa waktu lalu.

Budi mengatakan sejumlah kota atau kabupaten telah menyediakan jalur khusus sepeda, seperti DKI Jakarta, Bandung, Pekalongan, Solo. Tak hanya di Indonesia, sejumlah negara juga telah mengatur pesepeda di jalan raya.

"Di China, jalur sepeda bahkan sudah elevated (layang), bahkan jadi panjang. Jadi. harapan kita kalau sepeda sudah disuarakan dengan anggaran yang ada, sepeda jadi alternatif motor," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(wel/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK