Gelombang 17 Jadi Batch Terakhir Prakerja Semester I 2021

CNN Indonesia | Senin, 07/06/2021 16:45 WIB
Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja menyatakan gelombang ke-17 menjadi gelombang terakhir untuk semester I 2021 sesuai target yang diamanahkan pemerintah. Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja menyatakan gelombang ke-17 menjadi gelombang terakhir untuk semester I 2021 sesuai target yang diamanahkan pemerintah. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN).
Jakarta, CNN Indonesia --

Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja menyatakan pendaftaran gelombang ke-17 yang akan ditutup pada Senin (7/6) pukul 23.59 WIB nanti menjadi gelombang terakhir untuk semester I 2021.

Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menyebut penutupan seiring dengan pemenuhan target yang diamanahkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, yakni penyerapan 2,7 juta penerima program di semester I 2021.

"Gelombang 17 adalah gelombang terakhir untuk semester I/2021," jelasnya lewat pesan singkat kepada wartawan, Senin (7/6).


Dia menyebut pembukaan gelombang kali ini memang berlangsung singkat karena kuota yang disediakan hanya sebanyak 44 ribu.

Gelombang 17 sendiri merupakan gelombang tambahan yang dibuka untuk menyerap kepesertaan dari gelombang 12-16 yang dicabut karena peserta tidak membeli pelatihan dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja.

"Dengan penutupan gelombang 17 maka target penyerapan 2,7 juta penerima Kartu Prakerja di semesterI 2021 dengan dana Rp10 triliun telah terpenuhi," bebernya.

Sebagai informasi, program Kartu Prakerja merupakan program pelatihan kompetensi yang diluncurkan pemerintah pada tahun lalu.

Awalnya, Kartu Prakerja ditujukan sebagai pelatihan fisik (offline) untuk mengembangkan kompetensi pekerja. Namun, karena pandemi covid-19 melanda, pemerintah mengubah Kartu Prakerja menjadi program semi-bansos dan pelatihan menjadi online.

Peserta diberikan saldo Rp1 juta untuk dibelanjakan pelatihan daring dan insentif Rp600 ribu per bulan selama 4 bulan setelah menyelesaikan pelatihan.

[Gambas:Video CNN]



(wel/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK