8 Pekerjaan Bergaji Tinggi untuk Pekerja Perempuan

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Rabu, 22/09/2021 11:48 WIB
Sejumlah pekerjaan menawarkan gaji tinggi untuk pekerja wanita. Berikut daftarnya. Sejumlah pekerjaan menawarkan gaji tinggi untuk pekerja wanita. Ilustrasi. (iStock/recep-bg).
Jakarta, CNN Indonesia --

Isu kesetaraan gender dan keterwakilan perempuan dalam dunia kerja bukan lagi hal baru, sayangnya berbagai sumber masih menyebut pendapatan atau gaji pekerja wanita masih lebih rendah dari pekerja pria.

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS, pendapatan perempuan hanya 62 persen dari pendapatan laki-laki pada 1979. Kabar baiknya, kesenjangan terus menyempit sepanjang tahun 80-an dan 90-an, saat ini rasio pendapatan antara perempuan dan laki-laki menjadi sekitar 80 hingga 83 persen.

Para peneliti di University of Chicago Booth School of Business menyebut salah satu faktor yang membuat pekerja perempuan mendapat gaji lebih kecil berkaitan dengan jurusan kuliah.


Penelitian mereka menunjukkan banyak siswa perempuan memilih studi sastra atau sejarah seni dan tidak berfokus pada pekerjaan berpenghasilan tinggi atau yang dikenal dengan jurusan STEM (sains, teknologi, teknik, dan matematika).

Kendati begitu, bukan berarti perempuan tidak bisa mendapat gaji selangit. Berikut adalah daftar 8 pekerjaan yang menawarkan gaji besar untuk wanita:

1. Perawat Anestesi

Melansir GoBankingRates, mayoritas atau 60 persen perawat anestesi merupakan perempuan. Mereka digaji dengan kisaran US$160.297 per tahun atau setara Rp2,27 miliar (kurs Rp14.200).

Untuk bisa memberikan anestesi kepada pasien, Anda harus menjadi perawat terdaftar dan kemudian mengikuti program anestesi perawat yang biasanya membutuhkan waktu hampir tiga tahun.

Gaji rata-rata untuk wanita dalam pekerjaan ini tiga kali lebih tinggi daripada pendapatan rata-rata pekerja penuh waktu di AS.

2. Apoteker

Masih berhubungan dengan sektor kesehatan, apoteker menjadi posisi kedua pekerjaan gaji tertinggi perempuan dengan bayaran senilai US$120.173 atau setara Rp1,7 miliar per tahun.

Menjadi seorang apoteker membutuhkan gelar doktor, yang membutuhkan waktu empat tahun. Sedangkan menurut College Consensus, apoteker mendapat bayaran senilai US$98 ribu-US$126 ribu.

3. Praktisi Perawat

GoBankingRates menyatakan praktisi perawat masih didominasi oleh perempuan atau sekitar 88 persen praktisi merupakan wanita. Adapun gaji yang diberikan senilai US$100.914 per tahun atau setara Rp1,43 miliar.

Untuk menjadi seorang praktisi perawat, Anda perlu memperoleh gelar master, mendapatkan lisensi dan lulus ujian sertifikasi nasional. Maka tak heran, gaji yang didapat pun sepadan dengan kualifikasi yang dituntut.

Sementara College Consensus menyatakan gaji praktisi perawat ada di kisaran US$87.464-US$113.390 per tahun.

4. Pengacara

College Consensus menyebut pengacara perempuan digaji dalam rentang US$82.680-US$120.910 karena pekerjaannya yang intens dan melelahkan. Mereka harus menafsirkan hukum dan meneliti preseden hukum.

Mereka juga menyajikan fakta dan menyiapkan dokumen, serta berkomunikasi dengan klien, hakim, petugas penegak hukum, dan kolega.

Gaji pun disesuaikan dengan spesialisasi yang diambil, seperti spesialisasi hukum keluarga, hukum pidana, pajak dan hukum properti, hukum sekuritas dan hukum lingkungan.

Cek pekerjaan yang menawarkan gaji tinggi untuk pekerja perempuan pada halaman berikutnya.

Pejabat Eksekutif hingga Pengembang Piranti Lunak

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK