Garuda Indonesia Bantu Pulangkan Kura-kura Leher Ular Rote

CNN Indonesia | Jumat, 24/09/2021 10:10 WIB
Garuda Indonesia membantu proses pemulangan 13 kura-kura leher ular rote ke Pulau Rote, NTT. Garuda Indonesia membantu proses pemulangan 13 kura-kura leher ular rote ke Pulau Rote, NTT. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi).
Jakarta, CNN Indonesia --

Garuda Indonesia, maskapai penerbangan BUMN, membantu proses pemulangan atau repatriasi 13 kura-kura leher ular Rote ke Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Repatriasi dilakukan dari Singapura menuju Kupang melalui Jakarta menggunakan pesawat ekstra kargo, Rabu (22/9). Kemudian, penerbangan reguler dilanjutkan ke Kupang pada keesokan harinya.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyampaikan proses repatriasi ini memiliki makna penting dalam upaya konservasi satwa dilindungi dan terancam punah.


Ia turut melihat kerja sama ini sebagai kolaborasi berkelanjutan untuk mendukung ekosistem konservasi lingkungan hidup.

"Merupakan kebanggaan tersendiri bagi Garuda Indonesia sebagai national flag carrier dapat mendukung komitmen berkelanjutan pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI terkait upaya pelestarian satwa yang dilindungi di Indonesia melalui penyediaan layanan transportasi udara mengembalikan satwa endemik tersebut ke habitatnya," ujar Irfan

Selain dapat memulangkan satwa ke habitat aslinya, Irfan berharap agar kura-kura ini dapat meningkat populasinya sebagai bentuk warisan kekayaan ragam alam bumi Nusantara.

Garuda Indonesia telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam mempersiapkan dokumen sesuai dengan regulasi internasional yang berlaku.

Selain itu, Garuda turut mempersiapkan infrastruktur pendukung, seperti live animal room untuk satwa transit hingga perawatan kesehatan selama karantina sebelum menuju Kupang.

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) KLHK Ir. Wiratno mengapresiasi dukungan Garuda Indonesia terhadap proses repatriasi. Ia berharap ini akan menjadi langkah awal untuk menunjukkan konservasi jenis menjadi perhatian masyarakat internasional.

Singapura menjadi rumah bagi kura-kura Rote karena berhasil dibesarkan di Lembaga Konservasi Singapura Wildlife Reserves yang berhasil di kembang-biakkan dari European Association of Zoo and Aquaria (EAZA).

Kura-kura ini menjadi satu dari 25 jenis kura-kura di Indonesia dan statusnya paling terancam punah di dunia. Status ini disematkan oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN) dalam kategori Kritis (CR-Critically endangered).

Sehingga, spesies ini masuk dalam daftar Arahan Strategis Konservasi Spesies Nasional 2008-2019 yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 106 Tahun 2018.

[Gambas:Video CNN]



(fry/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK