Pemerintah Cadangkan Rp9,2 T Bantu Pulihkan Pariwisata 2022

Antara, CNN Indonesia | Senin, 27/09/2021 19:46 WIB
Pemerintah mencadangkan anggaran Rp9,2 triliun untuk membantu pemulihan sektor pariwisata dari pandemi covid-19 pada 2022. Pemerintah mencadangkan anggaran Rp9,2 triliun untuk membantu pemulihan sektor pariwisata dari pandemi covid-19 pada 2022. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan pemerintah mencadangkan anggaran Rp9,2 triliun untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata pada 2022 dari pandemi covid-19.

"Ada anggaran yang dicadangkan sekarang Rp9,2 triliun untuk tahun depan," kata Ani, sapaan akrabnya, dalam Rakornas Parekraf 2021 seperti dikutip Antara, Senin (27/8).

Anggaran tersebut akan digunakan untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif dari tiga aspek yakni aksesibilitas, atraksi dan aseminitas serta dari sisi promosi maupun partisipasi pelaku swasta.


Jika dirinci, anggara tersebut meliputi alokasi dari belanja pemerintah pusat Rp6,5 triliun dan Rp2,8 triliun melalui transfer ke daerah.

Tahun ini, pemerintah mengalokasikan anggaran Rp7,67 triliun untuk pemulihan pariwisata di antaranya untuk program Bangga Buatan Indonesia Rp200 miliar, stimulus perfilman Rp266 miliar, serta fasilitas kesehatan penanganan covid-9 dan tenaga kesehatan Rp298,6 miliar.

Upaya tersebut untuk mendukung destinasi pariwisata super prioritas yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang. Dengan demikian, Indonesia siap ketika ada langkah relaksasi pembukaan turis wisata asing maupun domestik.

"Bagaimana memulihkan pasar pariwisata kita melalui rebranding pariwisata dan bagaimana menciptakan resiliensi dari dunia pariwisata. Itu akan terus kita lakukan," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK