6 Bandar Uang Kripto Masuk Daftar Orang Kaya AS

CNN Indonesia | Kamis, 07/10/2021 08:42 WIB
Uang kripto kini menjadi sumber kekayaan baru. Ada enam orang kaya baru yang masuk ke dalam daftar orang kaya baru AS. Uang kripto kini menjadi sumber kekayaan baru. Ada enam orang kaya baru yang masuk ke dalam daftar orang kaya baru AS. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia --

Uang kripto kini menjadi sumber kekayaan baru. Data The Forbes 400 menunjukkan ada 7 orang yang masuk ke dalam daftar orang terkaya Amerika Serikat karena uang kripto.

Salah satu orang kaya tersebut tersebut merupakan si kembar Cameron dan Tyler Winklevoss. Kekayaan tujuh orang tersebut mencapai US$55,1 miliar atau setara dengan Rp786,2 triliun (dengan asumsi kurs Rp14.268).

Hampir dari setengah total kekayaan tersebut yakni US$22,5 miliar dimiliki oleh satu orang, yakni CEO platform pertukaran derivatif crypto FTX Sam Bankman-Fried.


Dalam dua tahun, Bankman-Fried membangun salah satu platform perdagangan terbesar di industri dengan perputaran uang sebesar US$13,8 miliar per hari.

Sebagai bukti keberhasilannya sendiri, pada Juli, FTX menutup penggalangan dana Seri B senilai US$900 juta, putaran modal ventura terbesar crypto hingga saat ini, dengan penilaian US$18 miliar.

Orang kaya baru lainnya termasuk CEO Coinbase Brian Armstrong, yang memulai debutnya di pasar publik pada April dengan IPO terbesar dalam sejarah yakni US$86 miliar.

Tak hanya itu, si kembar Cameron dan Tyler Winklevoss, pemilik pesaing Coinbase Gemini, co-founder Coinbase Fred Ehrsam, dan Jed McCaleb, salah satu pendiri Ripple pun masuk ke dalam jajaran orang kaya baru yang berasal dari kripto.

Selain itu, Chris Larsen, salah satu pendiri Ripple lainnya masuk ke dalam jajaran orang kaya karena uang kripto. Tahun lalu kekayaan bersih dia mencapai US$2,7 miliar. Hari ini, kekayaannya diperkirakan mencapai US$6 miliar.

Peningkatan jumlah miliarder kripto sebagian besar merupakan hal baru yang belum pernah terjadi sebelumnya. Selain itu, mata uang digital telah memecahkan rekor harga baru di seluruh papan.

Sejak rilis daftar tahun lalu pada September 2020, harga Bitcoin telah melonjak dari US$10.128 menjadi US$50.078. Sementara itu, cryptocurrency terbesar kedua, Ether telah meningkat hampir 1.000 persen, dan total kapitalisasi pasar crypto melampaui US$1 triliun untuk pertama kalinya untuk memuncak pada US$2,4 triliun pada Mei.

Sejumlah startup termasuk Ripple, Kraken, Circle, BlockFi, dan eToro mengumumkan atau mengisyaratkan rencana go public.

Berikut daftar orang kaya karena kripto

1. Sam Bankman-Fried (pendatang baru) kekayaan US$22,5 miliar.
2. Brian Armstrong (pendatang baru) kekayaan US$11,5 miliar
3. Chris Larsen (kekayaan sebelumnya US$2,7 miliar) kekayaan sekarang US$6 miliar
4. Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss (pendatang baru) US$4,3 miliar
5. Fred Ehrsam (pendatang baru) US$3,5 miliar
6. Jed McCaleb (pendatang baru) US$3 miliar

[Gambas:Video CNN]



(age/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK