Cara Cek dan Bayar PBB Secara Online

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 13/10/2021 14:08 WIB
Pembayaran PBB kini jadi lebih mudah karena bisa dilakukan secara daring. Berikut cara cek PBB online. Ilustrasi. Cara cek PBB online dapat membuat waktu lebih efisien. (iStockphoto/Chainarong Prasertthai)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perkembangan teknologi membawa perubahan ke berbagai lini, termasuk di antaranya metode pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB).

Metode pembayaran PBB kini bisa dilakukan secara daring. Berikut cara cek PBB online yang perlu Anda pahami.

Lihat Juga :

Pada dasarnya PBB merupakan tanggungan biaya yang harus dibayarkan wajib pajak (WP) pemilik tanah dan bangunan yang memperoleh manfaat atas keberadaannya.


Pajak jenis ini bersifat kebendaan. Besaran pajak ditentukan oleh objeknya, yakni bumi atau bangunan yang dimiliki seseorang. Misalnya saja sawah, tanah, tambang, rumah tinggal, bangunan usaha, hingga pusat perbelanjaan.

Aturan lengkap mengenai PBB tercantum dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1994 tentang Perubahan Atas UU 12/1985 tentang Pajak Bumi dan Bangunan.

Sebelumnya, pembayaran hanya bisa dilakukan melalui bank/kantor pos/kelurahan setempat. Namun, teknologi mempermudahnya dengan pembayaran secara online.

Cara Cek dan Bayar PBB Secara Online

Lahan kosong milik  yang berada di jalan Sudirman, Jakarta, 26 April 2019.  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana menaikkan pajak bumi dan bangunan (PBB) bagi lahan kosong di jalan protokol Ibu Kota hingga dua lipat. Peningkatan PBB itu dimaksudkan untuk mendorong penyediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dilakukan di luar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.Ilustrasi. Cara cek PBB online membuat proses pembayaran jadi lebih mudah. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Demi meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak, kini pembayaran PBB bisa dilakukan secara online. Cara cek PBB online ini dianggap lebih praktis dan efisien.

Setidaknya ada tiga cara bayar PBB online. Ketiganya dapat dilakukan melalui situs resmi, layanan e-commerce, hingga toko retail modern.

1. Cara cek dan bayar PBB online via situs resmi

Setiap kota/kabupaten umumnya menyediakan situs untuk mengecek PBB masing-masing. Namun sayangnya, hingga saat ini belum semua daerah yang memiliki akses tersebut. Anda bisa mengakses situs PBB di wilayah masing-masing, lalu ikuti instruksinya.

2. Cara cek dan bayar PBB online via e-commerce

Ada beberapa e-commerce yang menyediakan layanan pembayaran PBB. Berikut di antaranya.

Bayar PBB via Tokopedia

- Akses laman Tokopedia atau buka aplikasinya
- Pilih menu 'PBB Online'
- Masukkan nomor objek PBB
- Rincian akan muncul
- Klik atau ketuk opsi Bayar
- Pilih metode pembayaran yang diinginkan
- Pembayaran bisa dilakukan dan sistem akan memprosesnya

Bayar PBB via Traveloka

- Akses laman Traveloka atau buka aplikasinya
- Klik atau ketuk ikon 'PBB'
- Tentukan wilayah bangunan yang dimaksud
- Masukkan nomor objek pajak
- Pilih tahun pembayaran
- Rincian akan muncul

3. Cara cek dan bayar PBB online via toko retail

ilustrasi PBBIlustrasi. Cara cek PBB online juga bisa dilakukan melalui situs resmi toko retail. (iStockphoto/sefa ozel)

Hingga saat ini, baru ada satu toko retail yang melayani pembayaran PBB online, yakni melalui virtual klik Indomaret. Berikut caranya.

- Akses situs KlikIndomaret
- Gulir ke bawah, temukan beberapa menu
- Pilih opsi 'Selengkapnya' pada bagian menu tersebut
- Pilih menu 'Pajak Bumi dan Bangunan'
- Masukkan nomor objek pajak dan tahun pembayaran
- Rincian tagihan akan muncul
- Lanjutkan dengan 'Bayar'

Cara cek PBB online di atas dapat membantu mempersingkat proses yang diperlukan. Selamat mencoba!

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK