Pengusaha Migas Sebut Distribusi BBM di Sumut Mulai Normal

CNN Indonesia
Senin, 18 Oct 2021 20:22 WIB
Pengusaha migas di Sumut menyebut distribusi BBM mulai normal. Mereka juga mengatakan Pertamina telah mengatasi persoalan kapal tanker yang terlambat bersandar. Pengusaha migas di Sumut menyebut distribusi BBM mulai normal. Mereka juga mengatakan Pertamina telah mengatasi persoalan kapal tanker yang terlambat bersandar. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean).
Medan, CNN Indonesia --

Ketua DPC Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Sumatera Utara Rajali Husein menyebut distribusi BBM ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) saat ini sudah berangsur normal. SPBU juga tetap menjaga stok BBM pengganti atau sejenis dengan BBK.

"Semua SPBU sudah mulai normal secara bertahap dan diusahakan merata. Selain itu diminta tetap menjaga stok. Pelan-pelan distribusi BBM sudah mulai berangsur normal dan merata, tidak ada lagi masalah," kata Rajali Husein, Senin (18/10/2021).

Rajali menjelaskan bahwa persoalan kapal tangker yang terlambat sandar di DPPU Medan Group Belawan sudah mulai diatasi dengan baik oleh PT Pertamina Sumbagut. Distribusi pun sudah berjalan terus menerus secara berkelanjutan.


"Saya sudah memantau distribusi secara bertahap sudah mulai normal. Jadi, pelan-pelan tidak ada lagi antrean di SPBU karena hampir merata semua SPBU sudah tersedia BBM. Kita harap masyarakat tidak panik. Lihat saja sendiri saat ini semua SPBU sudah mulai normal. Tidak ada lagi antrean," jelasnya.

Sebelumnya, Eksekutif General Manajer PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding C&T Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Asep Wicaksono meminta maaf atas terjadinya kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) di Sumut.

"Kami mohon maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanan ini. Kami janji ini tidak terulang lagi. Karena tiga kapal tanker yang mengangkut BBM sudah sandar. Alhamdulillah semua kapal sudah bongkar," kata Asep Wicaksono, Sabtu (16/10).

Namun begitu, Asep menyebutkan Pertamina masih butuh waktu untuk normalisasi penyaluran BBM ke sejumlah SPBU. Dia memperkirakan besok penyaluran BBM ke SPBU sudah lancar

"Mungkin perlu waktu bagi kami untuk normalisasi. Mungkin hari ini atau besok bisa normal lagi. Besok pun kapal sudah datang lagi, jadi stok kita aman. Kapal tiba sesuai kebutuhan sebenarnya dan sesuai kapasitas tangki yang ada di Pertamina," ucapnya.

[Gambas:Video CNN]



(fnr/bir)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER