EDUKASI KEUANGAN

Bijak Siapkan Dana Liburan di Masa Pandemi

CNN Indonesia
Sabtu, 23 Oct 2021 08:40 WIB
Banyak masyarakat yang ingin berwisata dan jalan-jalan meski pandemi belum selesai. Berikut tips mempersiapkan dana untuk berwisata di era corona. Banyak masyarakat yang ingin berwisata dan jalan-jalan meski pandemi belum selesai. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adi Maulana).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pandemi covid-19 memaksa banyak orang untuk tetap tinggal dan beraktivitas dari rumah selama hampir 2 tahun. Banyak yang merasa senang karena tidak harus bepergian, namun ada juga yang merasa sangat bosan.

Terlebih pasca gelombang kedua pandemi yang terjadi beberapa bulan lalu, gerak masyarakat tak terkecuali berwisata semakin terbatasi. Sejumlah tempat wisata hingga hotel juga terpaksa ditutup untuk menekan kasus penyebaran positif covid-19.

Kini kondisi sudah semakin membaik. Pasalnya, kasus harian covid-19 sudah semakin berkurang dan terkendali.


Pemerintah juga sudah melonggarkan kegiatan masyarakat, termasuk untuk plesiran.

Namun sebelum berpetualang dan plesiran sejumlah persiapan harus dilakukan, utamanya dari segi keuangan.

Lantas, apa saja yang harus diperhatikan?

1. Persiapkan Bujet Wisata

Perencana Keuangan Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho mengatakan dalam mempersiapkan dana berwisata terdapat sejumlah hal yang harus dipertimbangkan. Seperti lokasi wisata, durasi berlibur, jenis akomodasi, dan jenis transportasi yang akan digunakan.

Sebab baginya pilihan berwisata sangat bergantung pada kenyamanan setiap individu. Bagi yang ingin berwisata mewah dapat memilih akomodasi hotel bintang 5. Sementara yang menyukai backpacking penginapan bujet tidaklah masalah.

"Misalkan sama-sama mau ke Bali, buat yang suka backpacker atau berbintang lima berarti akomodasinya berbeda. Itu bergantung dengan keinginan yang ujungnya akan mempengaruhi kenyamanan kita," kata Andy kepada CNNIndonesia.com, Kamis (21/10).

Perencana Keuangan Lusiana Darmawan menyarankan untuk menyiapkan anggaran terlebih dahulu agar lebih tenang dalam merencanakan perjalanan. Sebab dengan anggaran tersebut anda dapat menentukan jenis akomodasi dan transportasi apa yang dapat digunakan.

Bila anda berwisata bersama keluarga, ia mengingatkan untuk menyiapkan biaya ekstra dan memilih tempat yang sesuai agar perjalanan anda nyaman dan aman.

[Gambas:Video CNN]

2. Cara Alokasi Bujet

Lusiana menyarankan agar sebelum berwisata anda harus menguraikan terlebih dahulu komponen biaya terkait liburan.

"Misalnya tiket pesawat, biaya bensin untuk roadtrip, biaya akomodasi, konsumsi, transportasi di destinasi wisata, tiket wisata, biaya PCR, dan sebagainya," ujarnya.

Kemudian, rincian dana tersebut dapat anda jumlahkan dari setiap individu. Lalu menentukan waktu keberangkatan yang diinginkan. Sehingga anda akan mengetahui berapa besaran biaya yang harus disiapkan.

Dengan demikian, anda dapat menentukan sumber dana apa yang akan mendanai biaya perjalanan, baik berupa surplus bulanan hingga bonus dari pekerjaan.

Lihat Juga :

Realistis dengan Kondisi Keuangan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER