Bappebti Bakal Atur Robot Trading

Safyra Primadhyta | CNN Indonesia
Rabu, 25 Mei 2022 15:33 WIB
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) akan mengatur aktivitas robot trading yang kian marak di masyarakat. Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) akan mengatur aktivitas robot trading yang kian marak di masyarakat. Ilustrasi. (iStockphoto/number1411).
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) akan mengatur aktivitas robot trading yang kian marak di masyarakat.

Plt Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Didid Noordiatmoko mengatakan pihaknya saat ini sedang mengkaji dan membutuhkan waktu paling tidak 1,5 bulan terkait masalah robot trading tersebut.

Ia mengatakan aturan tersebut juga akan membahas standar robot trading yang bisa digunakan.


"Kami harus memastikan robot trading bisa digunakan oleh perusahaan apapun. Kami akan membuat bagaimana standar robot tradingnya, tradernya, ini semua akan kami kaji. Nah, hasil kajian ini akan kami buat regulasinya," kata Didid.

Pernyataan Didid untuk membentuk aturan soal robot trading ini menjawab kritik dari anggota komisi VI DPR Tommy Kurniawan yang mengatakan sistem pengawasan Bappebti masih kalah cepat dibandingkan dengan perkembangan robot trading.

"Tujuan Bappebti untuk masalah pengawasan komunitas berjangka pasar keuangan, supaya tidak ada penyimpangan. Tetapi dengan kasus yang saat ini, terjadi atau bahkan sering terjadi kita jadi mempertanyakan sistem pengawasan Bappebti seperti apa," kata Tommy.

Ia menjelaskan penyedia layanan robot trading sangat mudah melakukan kloning ketika situs yang digunakan sudah diblokir oleh pemerintah.

Kloning dilakukan untuk menghadirkan kembali jenis robot trading yang baru, di mana berpotensi bisa menimbulkan kerugian yang makin besar.

Ia menyarankan Bappebti memiliki sistem yang kuat agar bisa men-tracing robot trading yang merugikan. Sehingga sebelum menimbulkan kerugian sudah dapat diantisipasi terlebih dahulu.

"Kalau mereka bisa melakukan kloning website, diblokir, bikin lagi, diblokir, bikin lagi, artinya mereka sistemnya canggih. Bappebti kalau tidak punya sistem men-tracing itu ya,"katanya.

Belum lama ini Otoritas jasa Keuangan (OJK) melalui Satgas Waspada Investasi (SWI) memblokir tujuh entitas yang melakukan penawaran investasi ilegal atau tanpa izin alias investasi bodong.

Lebih rinci, selama April 2022 SWI menghentikan dua entitas yang melakukan money game, satu entitas melakukan penjualan tanpa izin, dua entitas melakukan kegiatan forex dan robot trading, satu entitas melakukan perdagangan kripto tanpa izin, dan satu entitas lain-lain.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/sfr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER