Pernyataan Jerome Powell Jungkalkan Harga Minyak Dunia

CNN Indonesia
Jumat, 24 Jun 2022 08:06 WIB
Minyak dunia anjlok hampir 2 persen akibat pernyataan The Fed; mereka akan mengendalikan inflasi. Pernyataan itu sinyal mereka akan mengerek bunga acuan lagi. Minyak dunia anjlok hampir 2 persen akibat pernyataan The Fed; mereka akan mengendalikan inflasi. Pernyataan itu sinyal mereka akan mengerek bunga acuan lagi. ( Tangkapan layar twitter @@PIF_en).
Jakarta, CNN Indonesia --

Harga minyak dunia turun hampir US$2 per barel pada akhir perdagangan Kamis (23/6) sore waktu AS atau Jumat (24/6) pagi WIB.

Mengutip Antara, Jumat (24/6), harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Agustus jatuh US$1,69 atau 1,5 persen ke US$110,05 per barel.

Sementara, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Agustus merosot US$1,92 atau 1,8 persen menjadi US$104,27 per barel.


Analis mengungkap kejatuhan harga minyak itu tak lepas dari sinyal yang disampaikan bank sentral AS The Fed bahwa mereka akan menaikkan suku bunga acuan lagi.

Sinyal terungkap setelah, Ketua The Fed Jerome Powell mengatakan pihaknya akan fokus membatasi inflasi. Pernyataan itu memicu kekhawatiran pasar bahwa The Fed akan kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Kalau sinyal itu benar, mereka sudah memprediksi ekonomi melambat dalam beberapa waktu ke depan.  Konsultan Minyak Houston Andrew Lipow mengatakan kekhawatiran itu membuat investor memangkas posisi mereka dari aset-aset berisiko, seperti minyak sehingga membuat harganya tertekan.

Pasalnya, mereka menilai kebijakan moneter bank sentral dapat mendorong ekonomi dunia ke dalam resesi dengan suku bunga yang lebih tinggi.

[Gambas:Video CNN]

"Jika AS, dan seluruh dunia mengalami resesi, itu dapat mempengaruhi permintaan secara signifikan," kata dia.

Selain itu, minyak juga mendapatkan tekanan dari kenaikan harga bensin. Pasalnya, kenaikan akan membuat permintaan bensin menurun.

Direktur Energi Berjangka Mizuho New York Robert Yawger memperkirakan harga bensin di AS masih berpotensi untuk terus naik. Harga bensin eceran AS saat ini rata-rata berada di level US$4,94 per galon.

(mrh/agt)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER