Harga Gandum Naik, Warga Pantai Gading Buat Roti dengan Tepung Sinkong

tim | CNN Indonesia
Selasa, 05 Jul 2022 14:32 WIB
Pantai Gading Afrika Barat mulai mengganti dari tepung gandum menjadi tepung singkong sebagai bahan dasar roti. Pantai Gading Afrika Barat mulai mengganti dari tepung gandum menjadi tepung singkong sebagai bahan dasar roti. (AFP/FETHI BELAID).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pembuat roti di negara bagian Pantai Gading, Afrika Barat mulai menggunakan tepung singkong yang diproduksi secara lokal untuk membuat roti. Hal itu dilakukan demi menyiasati harga gandum yang naik akibat perang Rusia-Ukraina.

Baik Ukraina maupun Rusia adalah produsen gandum terbesar. Panen yang gagal akibat perang serta ketidakpastian lainnya telah menaikkan harga bahan pokok global.

Akibatnya, pihak berwenang Pantai Gading mematok harga roti baguette sekitar 150 dan 200 franc CFA atau setara dengan US$0,25 dan US$0,30. Mereka juga menyalurkan subsidi senilai 6,4 miliar franc CFA atau setara dengan US$10 juta ke 2.500 toko roti di negara itu.

Baguette merupakan jenis roti yang banyak digemari di negara bekas jajahan Prancis tersebut. Namun, Pantai Gading tidak memproduksi gandum di dalam negeri, melainkan mengimpor hingga satu juta ton gandum per tahun terutama dari Prancis.

Melansir AFP, Selasa (5/7), pembuat roti dengan dukungan pemerintah juga mulai mengganti sebagian kecil tepung terigu dengan tepung singkong, sayuran dan umbi-umbian.

Singkong sendiri merupakan tanaman terbesar kedua di Pantai Gading setelah ubi dengan produksi sebanyak 6,4 juta ton setiap tahun.

Rencana substitusi singkong ini mendapat respons dari warga Pantai Gading. Mereka mengatakan bahwa membuat roti dengan tepung singkong lokal akan lebih baik karena masyarakat akan makan produk lokal.

Namun, ada juga pembuat roti yang mempermasalahkan soal citra dan rasa roti yang dibuat dengan singkong. Salah satunya pembuat roti bernama Rene Diby yang mengatakan roti yang dibuat dari singkong dikaitkan dengan roti berkualitas rendah bagi orang Pantai Gading.

"Konsumen harus disadarkan akan rasa baru ini. Pihak berwenang harus menjalankan kampanye promosi," ujar Rene.

Sementara, Konfederasi Konsumen Nasional juga telah memberikan dukungannya pada substitusi singkong.

"Ini akan memberikan stimulus bagi produsen ubi kayu dan menjaga harga roti," kata Presiden Konfederasi Konsumen Nasional Jean-Baptiste Koffi.

Sekretaris Eksekutif Dewan Nasional untuk Memerangi Biaya Hidup Tinggi (CNLCV) Ranie-Didice Bah Kone mengatakan sekarang adalah saat yang tepat untuk membuka potensi pertanian Pantai Gading.

Dalam kunjungannya ke pabrik pengolahan tepung singkong di Abidjan, ia menyerukan langkah untuk untuk meningkatkan pasokan tepung lokal, selain subsidi untuk sektor gandum.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER