Intip Besaran Gaji Karyawan ACT

tim | CNN Indonesia
Selasa, 05 Jul 2022 15:55 WIB
Gaji karyawan lembaga donasi ACT hanya berkisar Rp2 juta hingga Rp5 jutaan saja per bulan bergantung pada posisinya. Gaji karyawan lembaga donasi ACT hanya berkisar Rp2 juta hingga Rp5 jutaan saja per bulan tergantung pada posisinya. (CNN Indonesia/Yulia Adiningsih)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) menjadi buah bibir publik lantaran aksi petingginya yang mengambil uang donasi lebih dari 13,5 persen untuk dana operasional lembaga.

Padahal, Fatwa MUI Nomor 8 Tahun 2011 yang hanya membolehkan amil zakat menerima 1/8 atau sekitar 12,5 persen dari hasil yang diterima.

Kendati, Presiden ACT Ibnu Khajar membantah ada aturan yang dilanggar. Dia mengatakan bahwa ACT bukan lembaga zakat, sehingga dana operasional yang diambil pun bisa mencapai 13,5 persen atau lebih.

Di tengah isu penyelewengan, investigasi mengungkap sejumlah petinggi ACT menerima gaji hingga Rp250 juta per bulan. Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menyatakan telah membuka penyelidikan.

Besarnya gaji petinggi ACT yang mencapai Rp250 juta itu menimbulkan satu pertanyaan. Berapa besar gaji karyawannya ?

Penelusuran CNNIndonesia.com, Selasa (5/7), mengacu pada laman id.indeed.com, gaji cameramen dan video editor di ACT fondation mencapai Rp5,47 juta per bulan. Gaji staf marketing sekitar Rp4,1 juta per bulan.

Sedangkan gaji staf adminstrasi dari situs qerja.com, hanya sekitar kurang lebih Rp2 juta sampai Rp3 juta per bulannya.

Sebelumnya, laporan investigasi Tempo, sejumlah petinggi ACT diduga menyelewengkan donasi.

Uang yang disalurkan oleh ACT tidak sesuai dengan jumlah yang berhasil digalang. Donasi diduga beralih bentuk jadi mobil mewah, rumah sampai lampu gantung.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/bir)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER