Harga Minyak Dunia Naik 3 Persen Ditopang Kenaikan Konsumsi BBM AS

tim | CNN Indonesia
Jumat, 19 Agu 2022 06:31 WIB
Harga minyak mentah dunia naik lebih dari 3 persen ditopang oleh data ekonomi AS yang positif dan konsumsi BBM yang meningkat. Harga minyak mentah dunia naik lebih dari 3 persen ditopang oleh data ekonomi AS yang positif dan konsumsi BBM yang meningkat. (AFP/Ian Timberlake).
Jakarta, CNN Indonesia --

Harga minyak mentah dunia naik lebih dari 3 persen pada akhir perdagangan Kamis (18/8) ditopang oleh data ekonomi AS yang positif dan konsumsi BBM yang meningkat.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Oktober naik 3,1 persen menjadi US$96,59 per barel di London ICE Futures Exchange.

Sementara, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS pengiriman September menguat 2,7 persen menjadi US$90,50 per barel di New York Mercantile Exchange.

"Harga minyak reli setelah data ekonomi AS yang mengesankan mendorong prospek permintaan minyak mentah yang membaik," ujar Edward Moya, Analisis Pasar Senior OANDA, dilansir Antara, Jumat (19/8).

Sekretaris Jenderal OPEC yang baru Haitham Al Ghais menuturkan pembuat undang-undang dan investasi sektor minyak dan gas (migas) yang tidak mencukupi harus disalahkan atas harga energi yang tinggi. Bukan kartel.

Di sisi lain, data Badan Informasi Energi AS (EIA) menunjukkan stok minyak mentah AS turun 7,1 juta barel dalam sepekan yang berakhir 12 Agustus lalu.

Ditambah lagi, larangan Uni Eropa terhadap ekspor minyak Rusia dapat memperketat pasokan dan menaikkan harga dalam beberapa bulan mendatang.

[Gambas:Video CNN]



(bir/bir)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER