10 Negara Termiskin di Dunia, Indonesia Tak Termasuk

CNN Indonesia
Jumat, 30 Sep 2022 11:24 WIB
Bank Dunia mengklasifikasikan 10 negara termiskin di dunia berdasarkan pendapatan nasional bruto per kapita. Bank Dunia mengklasifikasikan 10 negara termiskin di dunia berdasarkan pendapatan nasional bruto per kapita. (AP/Farah Abdi Warsameh).
Jakarta, CNN Indonesia --

Negara termiskin di dunia diklasifikasikan sistem Bank Dunia sebagai negara ekonomi berpenghasilan rendah.

Angkanya diukur dengan Gross National Income (GNI) atau pendapatan nasional bruto per kapita setiap negara.

Pendapatan nasional bruto per kapita dihitung berdasarkan pendapatan total negara dibagi dengan populasinya.

Negara-negara berpenghasilan rendah memiliki GNIatau pendapatan nasional bruto per kapita kurang dari US$ 1.046 per tahun. Disesuaikan dengan kurs dolar AS sekarang.

Rata-rata negara termiskin di dunia berada di Afrika. Lantas, Indonesia nomor berapa? Dikutip dari World Population Review, berikut daftar 10 negara termiskin di dunia 2022:

1. Burundi

Burundi menjadi negara termiskin dunia dengan tingkat GNI di angka US$ 270 per kapita. Negara di Afrika Timur ini dikurung daratan dan dilaporkan masih menghadapi konflik dan perang etnis Hutu-Tutsi.

Sekitar 90 persen dari hampir 12 juta warganya bergantung pada pertanian. Akses air dan sanitasi masih sangat rendah. Kurang dari 5 persen penduduk Burundi yang memiliki listrik.

2. Somalia

Somalia menjadi negara kedua termiskin di dunia. Negara di Afrika itu mencatat tingkat GNI di angka US$ 310 per kapita.

Tingkat pertumbuhan penduduk Somalia mencapai 2,92 persen, yang meningkat setiap tahun sejak 2015. Pertumbuhan penduduk yang cepat memberikan tekanan pada aspek kesehatan yang buruk dan ketidakstabilan.

3. Mozambik

Republik Mozambik yang merupakan negara dari Afrika Tenggara mencatatkan tingkat GNI sebesar US$ 460 per kapita. Sebagai negara miskin, Mozambik mendapat tantangan karena pertumbuhan penduduk yang cukup pesat.

Beberapa dari tantangan tersebut adalah memastikan akses ke fasilitas kesehatan dan pendidikan. Mozambik juga harus memikirkan nasib warganya yang pengangguran.

4. Madagaskar

Negara yang terletak di lepas pantai timur Afrika ini membukukan GNI di angka US$ 480 per kapita. Pertumbuhan ekonomi Madagaskar berakar pada pertanian, pariwisata, tekstil, dan pertambangan.

Populasi Madagaskar bertumbuh cepat, tapi infrastruktur kesehatan dan pendidikan masih buruk. Pendapatan pajak juga menurun dan terjadi ancaman pangan.

5. Sierra Leone

Sierra Leone adalah negara Afrika Barat yang berbatasan dengan Libera dan Guinea. Negara ini mencatatkan GNI sebesar US$ 490 per kapita.

Perekonomian di Sierra Leone sangat bergantung pada pertambangan mineral. Akibatnya, negara ini sangat bergantung pada bantuan asing.

Selain itu, pertanian menjadi bagian penting perekonomian Sierra Leone yang sukses menyumbang 58 persen PDB negara. Beras menjadi komoditas ekspor paling utama.

Afghanistan hingga Kongo

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER