HIDUP BAHAGIA

Rahasia Hidup Bahagia: Saling Berbagi

Christina Andhika Setyanti | CNN Indonesia
Kamis, 20 Nov 2014 15:15 WIB
Sebuah penelitian menunjukkan salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kebahagiaan seseorang adalah dengan berbuat baik. Ilustrasi bahagia (Getty Images/fcscafeine)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada banyak cara untuk bisa hidup bahagia. Bukan dengan materi berlimpah, liburan ke luar negeri atau memiliki barang-barang bermerek. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California, Riverside, salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kebahagiaan seseorang adalah dengan berbuat baik.

Berbuat baik ini bisa dilakukan dengan membantu orang lain dan membantu sesama yang kesusahan. Berbagai kegiatan serupa diyakini dapat meningkatkan emosi, pikiran dan perilaku positif yang kemudian meningkatkan perasaan bahagia dalam diri.

"Ketika kita bisa menolong dan berbagi dengan orang lain, kita tidak cuma membahagiakan orang lain, tapi juga membahagiakan diri sendiri," kata psikolog anak dan remaja, Vera Itabiliana Hadiwidjojo saat kampanye Save a Teen di Jakarta, Kamis (20/11).


Dikatakan Vera, setelah melakukan kebaikan, akan tumbuh sebuah penghargaan dan nilai lebih dari dalam diri sendiri. Hal ini muncul karena diri sendiri tahu sudah melakukan berbahagi hal yang positif dan bermanfaat untuk orang lain.

Selain itu, berbagi dengan orang lain akan membuat aura orang yang sudah dibantu jadi lebih positif. "Aura positif ini akan menular ke diri kita sehingga aura kita juga jadi positif di mata orang lain," katanya.

Semangat berbagi, diakui Vera tidak hanya bisa dilakukan dengan mendonasikan uang atau harya benda semata. "Cara paling mudah untuk berbagi adalah dengan berbagi senyuman untuk orang lain," ucap Vera.

Hal senada juga dikatakan aktris Sigi Wimala. Sigi mengatakan bahwa berbagi dan meringankan beban orang lain akan membantu meningkatkan rasa bahagia. "Sebagai ibu saya melihat dan merasakan adanya korelasi yang kuat antara tingkat kebahagiaan dan semangat berbagi. Ini yang membuat saya semakin bersemangat untuk berbagi dengan orang lain," ucap Sigi.

TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER