Bobot Turun 122 Kg Tapi Kulit dan Payudara Jadi Bergelambir

Merry Wahyuningsih, CNN Indonesia | Selasa, 24/03/2015 13:59 WIB
Dari wajah hingga bahu, tak ada yang aneh dengan Matt Diaz. Namun, ketika ia memperlihatkan bagian dada dan perutnya, terlihat gelambir kulit yang menyeramkan. Gelambir kulit di tubuh Matt Diaz (Dok. myannoyances.tumblr.com)
Jakarta, CNN Indonesia --
Dalam sebuah video emosional yang diunggah pekan ini, seorang laki-laki berusia 22 tahun memperlihatkan tubuhnya kepada dunia untuk pertama kalinya. Dari wajah hingga bahu, tak ada yang aneh dengan pemuda asal Brooklyn tersebut. Namun, ketika ia memperlihatkan bagian dada dan perutnya, terlihat gelambir kulit yang cukup menyeramkan.

“Saya turun berat badan 122 kilogram dalam enam tahun terakhir,” kata Matt Diaz dalam video yang diunggah di laman Tumblr miliknya.

Ketika berusia 16 tahun, berat badan Diaz mencapai titik tertinggi di angka 224,5 kg. Berat badannya bisa turun berkat operasi lambung, serta diet yang lebih baik dan olahraga.


Sayangnya, penurunan berat badan melalui jalan operasi memang sering menimbulkan efek lain, misalnya kelebihan kulit yang tampak bergelambir.

“Saya berbagi cara menurunkan berat badan, tapi saya tidak pernah menunjukkan kelebihan kulit saya yang benar-benar terlihat seperti… Saya belum pernah melakukan hal ini sebelumnya, dan saya benar-benar, benar-benar takut.”

“Setiap kali saya tidur dengan orang baru, setiap kali saya pergi ke suatu tempat, di pantai atau tempat lain, saya harus mengenakan baju, saya tidak bisa (tanpa baju),” katanya sambil menangis.

[Gambas:Youtube]

Diaz telah mendokumentasikan kiat penurunan berat badannya di media sosial selama bertahun-tahun. Namun, ia baru ingin memperlihatkan gelambir kulit di tubuhnya karena ingin jujur tentang perjalanannya, dan mendorong orang lain untuk berlatih mencintai tubuhnya sendiri.

“Saya pikir sangat penting kita belajar untuk mencintai tubuh kita, bahkan jika kita tidak selalu seperti yang mereka inginkan. Namun, di saat saya sudah menulis dan berbicara tentang itu (penurunan berat badan), saya tidak pernah menunjukkan kelebihan kulit saya kepada siapa pun. Rasanya seperti tidak jujur, pada orang lain dan diri sendiri,” ujarnya.

Dalam video tersebut Diaz juga mengakui bahwa memperlihatkan gelambir kulitnya pada dunia memang bukan hal yang mudah. Dia takut orang-orang akan berpikir buruk tentang dirinya. Bahkan, ia hampir saja mengurungkan niatnya mengunggah video tersebut.

Namun, meskipun Diaz mendapatkan beberapa komentar jahat dari netizen dalam beberapa hari terakhir, respons terhadap videonya sebagian besar positif.

Sebuah kampanye GoFundMe yang ia dirikan untuk mengumpulkan uang demi menjalani operasi pengangkatan kelebihan kulit bahkan telah menjadi viral di jagat maya. Ia menargetkan mengumpulkan uang sejumlah $ 20 ribu. Namun hanya dalam dua hari, uang yang sudah terkumpul mencapai $ 47 ribu dari 1.900 lebih orang yang menyumbang.

“Tidak ada yang salah dengan keinginan untuk mengubah sesuatu,” katanya kepada New York Daily News. “Saya menolak untuk membenci tubuh saya. Saya hanya ingin menjadi lebih baik.”


(mer/mer)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK