Hati-Hati, Sikat Gigi Terlalu Sering Bisa Berbahaya

Merry Wahyuningsih & Christina Andhika Setyanti | CNN Indonesia
Jumat, 12 Jun 2015 20:43 WIB
Jangan beranggapan bahwa sering menyikat gigi itu menjamin punya gigi yang sehat dan bagus. ilustrasi (Thinkstock/Alliance)
Jakarta, CNN Indonesia -- Segala sesuatu yang berlebihan pasti punya akibat yang tak baik untuk tubuh. Sama halnya dengan menyikat gigi.

Jangan beranggapan bahwa sering menyikat gigi itu menjamin punya gigi yang sehat dan bagus. Melanie S. Djamil, profesor sekaligus dokter gigi mengatakan bahwa terlalu sering menyikat gigi ternyata juga punya efek buruk untuk gigi dan mulut Anda.

"Menyikat gigi yang terlalu sering juga bisa bahaya untuk gigi Anda," ucap Melanie saat acara Formula untuk Indonesia di Jakarta, Jumat (12/6).


Dikatakan Melanie, menyikat gigi terlalu sering akan mengikis enamel atau email gigi. Enamel atau email gigi adalah lapisan terluar gigi berwarna putih yang bisa dilihat oleh mata.

Bagian ini adalah bagian yang keras, bahkan enamel adalah bagian terkeras yang ada dalam tubuh manusia. Enamel ini berfungsi untuk melindungi gigi dari kerusakan dan juga melindungi saraf-saraf yang ada di dalamnya.

Ketika enamel gigi terkikis dan makin tipis, maka perlindungan gigi akan semakin rendah. Saraf gigi pun akan semakin terekspos. Akibatnya, gigi jadi semakin sensitif.

Saraf-saraf gigi sangat sensitif dengan suhu, jadi ketika makanan panas atau dingin menyentuh gigi sensitif, seketika Anda akan merasakan nyeri dan ngilu. Selain mengikis enamel gigi, sikat gigi yang terlalu sering juga akan menyebabkan pengikisan gusi yang juga bisa membuat saraf gigi jadi lebih sensitif.

"Oleh karenanya, sikat gigi yang disarankan adalah dua kali dalam sehari," ucapnya.

"Karena yang paling penting adalah teknik menyikat giginya." (chs)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER