Tips Menjalani Hubungan dengan Pasangan yang Memiliki Anak

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Senin, 27/07/2015 06:19 WIB
Cinta bisa datang dari mana saja, tidak terkecuali dengan orang yang sudah memiliki anak dari pasangan yang dinikahi sebelumnya. Ilustrasi. (Thinkstock/Purestock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cinta bisa datang dari mana saja, tidak terkecuali dengan orang yang sudah memiliki anak dari pasangan yang dinikahi sebelumnya.

Mungkin Anda sudah menerima pasangan Anda apa adanya, namun bagaimana dengan anak-anak mereka?

Dikutip dari Huffington Post, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda mengerti sebelum menjalani sebuah hubungan dengan pasangan yang sudah memiliki anak:


1. Tidak peduli seindah apapun hubungan Anda, urusan anak akan selalu menjadi nomer satu bagi pasangan Anda. Jadi Anda harus mengerti kalau pasangan Anda tidak bisa meluangkan banyak waktu saat akhir pekan karena anak-anaknya sedang libur sekolah.

2. Pahamilah kalau anak-anak dari pasangan Anda belum menerima Anda seutuhnya sebagai pasangan baru orang tua mereka dalam waktu enam bulan, karena mereka harus berkenalan lebih dalam dulu dengan Anda.

3. Jangan berharap pasangan Anda bisa membalas pesan singkat Anda sesegera mungkin. Mungkin saat itu pasangan Anda sedang repot mengurus anak-anaknya.

4. Janganlah bersikap seperti anak kecil yang butuh perhatian, karena pasangan Anda telah memilikinya dan Anda harus lebih dewasa untuk membantu mengurusnya jika jadi menikah di kemudian hari.

5. Simpanlah rasa cemburu Anda kepada mantan pasangannya. Bagaimana pun juga, mereka adalah orang tua anak-anak yang dilahirkan, jadi wajar jika mereka masih akrab.

6. Janganlah membuat rencana yang mendadak, karena pasangan Anda harus mengatur jadwalnya terlebih dahulu dengan anak-anaknya.

7. Besarkanlah hati pasangan Anda yang mungkin masih terluka karena teringat perpisahannya dulu.

8. Jangan terburu-buru, karena pasangan Anda ingin menikah lagi dengan orang yang paling tepat untuk melanjutkan kehidupan keluarganya.

9. Cintailah anak-anak pasangan Anda seperti Anda mencintai pasangan Anda. Mereka tidak butuh orang tua baru, namun seorang teman yang mampu membuat rasa nyaman.

10. Bersiaplah bertemu dengan keluarga besar. Yakinkan kedua belah pihak keluarga kalau Anda sudah mantap menjalani hubungan dengan pasangan Anda yang sudah memiliki anak. (ard/ard)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK